Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua, Perhatikan Kualitas Mainan Anak Saat Membelinya

Kompas.com - 25/11/2016, 14:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Terkadang beberapa orangtua berpikir bahwa mainan tidak terlalu penting untuk anak sehingga mereka membelinya hanya sekadarnya saja. Mereka beranggapan yang terpenting mainannya sudah ada dan anak berhenti merengek.

Namun, ternyata ada hal-hal yang harus Anda perhatikan saat membeli mainan anak, seperti halnya kualitas dari mainan itu sendiri.

“Sangat penting untuk melihat kualitas mainan,” ucap Lina Paulina, Vice President Mothercare dan Early Learning Centre (ELC) usai acara peluncuran koleksi Chrismast Toys ELC di Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Menurut Lina, hal ini penting karena mainan adalah salah satu benda yang bersentuhan langsung dengan anak.

Oleh karena itu, Anda harus teliti memeriksa kualitas mainan melalui bahan atau material mainan dan asal-usul pewarnaannya.

Lina mencontohkan, Early Learning Centre (ELC) membuat mainan yang terbuat dari Origin plastik. Plastik tersebut merupakan plastik asli atau baru dan bukan plastik daur ulang.

“Kalau mainan yang berbahan dari plastik daur ulang itu sebenarnya nggak bagus untuk anak-anak karena bisa saja ada bahan kimianya,” jelasnya.

Kemudian, cari tahu mengenai cat yang digunakan atau pilih mainan antitoxic (tidak beracun) sehingga aman digunakan anak-anak.

“Jadi, kalau anak-anak suka gigit-gigit atau dimasukkan ke dalam mulut, (mainan) itu tetap aman untuk anak-anak,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com