Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Sosok Ayah, “Single Mom” Juga Bisa Besarkan Anak Laki-laki

Kompas.com - 23/12/2016, 14:14 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com  -- Ada banyak hal yang harus dipikirkan oleh seorang ibu tunggal (single mother), mulai dari menjalin kedekatan dengan anak, memenuhi kebutuhan finansial rumah tangga, dan berbagai hal lainnya.

Namun, satu pertanyaan yang memberatkan hati ibu tunggal adalah cara untuk membesarkan anak laki-laki tanpa sosok ayah di rumah.

Ratih Ibrahim, seorang psikolog dan pendiri Personal Growth, menjelaskan kepada Kompas.com melalui pesan singkatnya yang diterima Rabu (21/12/2016) kemarin bahwa sosok ayah tetap bisa diajarkan oleh ibu tunggal kepada anak, walaupun secara fisik tidak ada.

Untuk melakukannya, ibu bisa meminta bantuan dari orang-orang di sekitarnya seperti teman, keluarga, bahkan guru anak yang ada di sekolah.

Oleh karena itu, ibu tunggal tidak harus kebingungan ketika harus membesarkan anak laki-lakinya menjadi pria yang kelak akan bertanggung jawab pada keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

Ratih menambahkan, intinya, ayo fokus kepada keluarga dan pada anak-anak. Mencintai anak-anak dan mengasuh mereka menjadi versi terbaik yang bisa kita upayakan.

“Kita bisa belajar dari orangtua kita sendiri dan membuat anak menjadi lebih baik,” ucapnya.

Lalu, ibu tunggal juga jangan lupa bahwa kini ada banyak cara untuk menimba ilmu. Teknologi seperti internet, misalnya, bisa menjadi sumber informasi di kala ibu membutuhkan jawaban cepat.

Ibu juga bisa meminta tolong kepada keluarga dan teman-teman terdekat untuk menjadi sistem dukungan yang kuat dan siap menjaga dari belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com