Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2017, 10:34 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Pada dasarnya, merawat kulit wajah tentu merupakan hal yang sangat penting bagi wanita. Sebab, seiring berjalannya waktu, kulit akan mengalami proses penuaan.

Tidak hanya itu, masalah kulit juga kerap kali muncul akibat berbagai macam hal.  Maka dari itu, dermatolog Dr Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK, menekankan bahwa kulit butuh perawatan.

Akan tetapi, masih banyak wanita di Indonesia yang takut untuk melakukan perawatan wajah dengan menggunakan krim karena dirumorkan dapat menyebabkan ketergantungan.

“Satu hal yang mau saya koreksi adalah seiring bertambahnya waktu, kulit kita perlu dirawat, dan perawatan itu adalah kebutuhan. Bukan karena krimnya yang bikin ketergantungan,” ujar Dr Dewi di Jakarta, Selasa (10/1/2016).           

Dia melanjutkan, memang kenyataannya ada beberapa krim di pasaran dengan bahan kimia tertentu yang memiliki efek ketergantungan. Sebagai contoh adalah kulit kembali seperti semula atau bahkan lebih parah ketika berhenti menggunakan krim tersebut.

Namun, menurut Dr Dewi krim-krim tersebut hanyalah segelintir.

Lalu, untuk memastikannya, dia menyarankan Anda untuk melihat terlebih dahulu krim yang akan digunakan dan berkonsultasi pada dokter mengenai keamanannya.

“Kalau kita bilang, setelah pakai krim lalu ketergantungan itu kurang tepat. Lebih tepatnya, kulit kita butuh perlindungan lebih seiring berjalannya usia,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com