Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekuatan Super Suara Ibu, Dorong Anak Berbuat Kebaikan

Kompas.com - 15/01/2017, 16:03 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

KOMPAS.com – Sejumlah besar orang yang telah berusia dewasa memiliki insting alamiah untuk bicara dengan ibu saat merasakan gundah gulana dan pikiran yang sulit tenang. Mengapa demikian?

Ternyata, sebuah studi membuktikan bahwa suara ibu memang terbukti memberikan rasa nyaman dan ketenangan untuk anak, meski sang buah hati telah berusia dewasa.

Berdasarkan studi dari Stanford University School of Medicine, suara ibu membuat sebagian besar bagian pada otak manusia bekerja jauh lebih baik.

Ternyata, suara ibu membuat bagian otak yang penting dalam fungsi emosional dan motivasi menjadi akfit serta mengarahkan terciptanya perasaan bahagia.

Kekuatan hubungan antara ibu anak dibuktikan para peneliti dengan fakta bahwa dampak suara ibu memberikan pengaruh positif terhadap anak dalam berkomunikasi dan beretika di lingkungan sosial.

Studi ini melakukan MRI pada otak anak saat mendengar suara ibu. Para peneliti pun tercengang pada kekuatan suara ibu dalam mengaktifkan bagian otak yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan manusia.

“Otak mendeteksi suara ibu sebagai bunyi yang sangat nyaman dan familiar. Kami benar-benar tidak menyangka suara seorang ibu bisa mengakses bagian penting otak manusia untuk berfungsi dengan baik,” urai Daniel Abrams, PhD, seorang instruktur psikiater dan peneliti perilaku manusia.

Dalam salah satu satu kasus yang dijelaskan oleh Abrams, seorang responden anak menyusu lebih banyak ketika mendengar suara ibu dari kejauhan.

Suara ibu, kata Abrams, juga memberikan dorongan pada otak manusia untuk berbuat baik dan positif.

Responden anak yang memperlihatkan gerakan otak yang aktfi saat mendengar suara ibu, menurut Abrams, dibuktikan oleh studinya memiliki kemampuan komunikasi yang jauh lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com