Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2017, 17:03 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Ketika Anda berbuat suatu kesalahan terhadap orang lain dan ingin meminta maaf, sebaiknya utarakan maaf Anda dengan cara yang benar.

Sebab, jika tidak dilakukan dengan benar, bisa jadi orang tersebut malah semakin marah dan membuat permintaan maaf Anda gagal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan saat meminta maaf, menurut psikolog Harriet Lerner, PhD.

1. Jangan meminta maaf dengan kata “tapi”

Menurut Dr Lerner, meminta maaf menggunakan “tapi” membuat Anda terkesan tidak tulus. Bahkan, orang tersebut bisa menganggap Anda sedang mencari alasan.

2. Anda terlalu fokus dengan respon orang lain, bukan pada kesalahan Anda

Permintaan maaf yang tulus berarti memperlihatkan tanggung jawab Anda tanpa melihat reaksi dari orang yang bermasalah dengan Anda.

Dr Lerner menekankan, ketika (Anda) terlalu fokus dengan respons orang lain, maka Anda bisa jadi dianggap hanya berpura-pura meminta maaf.

3. Anda selalu meluapkan pembelaan diri

Ketika Anda meminta maaf, tetapi tidak bisa menerima apa yang dikatakan orang lain dan ingin membuktikan bahwa Anda tidak sepenuhnya salah, maka saran Dr Lerner adalah jangan lakukan hal tersebut.

Hal tersebut memang sesuatu yang alami dari manusia, tetapi untuk membuat permintaan maaf lebih efektif sebaiknya jangan terlalu banyak melontarkan pembelaan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com