Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Orangtua Perlu Beri Anak Mainan sejak Lahir

Kompas.com - 27/01/2017, 10:34 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com — Mainan adalah sesuatu yang sering kali disepelekan oleh orangtua. Padahal, benda tersebut sangat esensial dalam tumbuh kembang anak dan dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak.

Dokter Markus Danusantoso, SpA, seorang spesialis perkembangan anak yang ditemui dalam acara peluncuran kampanye Time to Learn & Play oleh ELC di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (25/1/2017), bahkan menyarankan orangtua untuk memberikan anak mainan sejak lahir.

Sebab, mainan bisa menjadi sarana belajar yang menambah pengalaman dan meningkatkan kemampuan motorik, kognitif, dan sosialnya jika dilakukan dengan tepat.

Sebagai contoh adalah ketika orangtua meletakkan bayi dalam BF Snuggle Playmat dari ELC.

Walaupun kelihatannya sangat sederhana, tetapi ada banyak hal yang dapat dipelajari bayi ketika menggunakan permainan ini.

Dokter Markus Danusantoso, SpA

Bayi bisa berlatih menggunakan jari tangannya untuk menyentuh dan memegang mainan. Lalu, permainan ini juga bisa melatih konsentrasi, mengenalkan berbagai jenis tekstur, hingga konsep sebab dan akibat, seperti mainan baru akan berbunyi ketika digoyang.

Namun, untuk mengoptimalkan manfaat mainan bagi anak, orangtua juga harus menyesuaikan dengan perkembangan anak. Jangan sampai anak bermain dengan cara yang sama hingga usia 18 bulan.

Sebab, seiring bertambahnya usia, anak juga diharapkan dapat melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks.

Ikuti tabel tumbuh kembang anak untuk memastikan bahwa buah hati Anda berkembang seperti yang seharusnya.

Selama masa kampanye ini, ELC ingin memperkenalkan koleksi Discovery Zone yang dirancang khusus untuk membantu anak menjelajahi setiap tahap perkembangannya sejak lahir hingga usia 18 bulan.

Lalu, untuk setiap pembelian produk Discovery Zone, orangtua akan mendapatkan tabel tumbuh kembang anak yang dapat digunakan sebagai referensi ketika mengajak anak bermain.

BF Snuggle Playmat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com