Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Anda Harus Mulai Bicara pada Diri Sendiri

Kompas.com - 11/02/2017, 19:04 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Pernahkah Anda mendapati sedang berbicara kepada diri sendiri seperti karakter sinetron? Berbicara dengan sendiri ternyata bukan berarti Anda gila.

Bahkan, Lisa Ferentz, seorang psikoterapis dan juga penulis buku Finding Your Ruby Slippers: Transformative Life Lessons From the Therapist’s Couch, menyarankan hal ini.

Dia berkata bahwa mengungkapkan pikiran dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda untuk melakukan sesuatu, walaupun kepada diri sendiri.

Sebagai seorang psikoterapis, Ferentz seringkali melakukan latihan ini dengan pasiennya dengan tujuan untuk memberikan pikiran positif terhadap diri sendiri sehingga mereka dapat menghilangkan rasa ragu atau takut saat ingin menghadapi masalah yang cukup besar.

Menurut dia, salah satu cara yang baik untuk menciptakan mental yang sehat adalah dengan menuliskan beberapa hal yang Anda syukuri dan kekuatan yang Anda miliki, lalu berdiri di depan kaca dan mengucapkan hal tersebut secara lantang.

Pada awalnya Anda pasti merasa aneh dan canggung, tetapi jangan meyerah sampai di situ. Terus lakukan hal ini sampai Anda terbiasa. Ketika Anda memulai sesuatu dengan pikiran yang positif, maka semuanya akan terasa lebih mudah.

Secara tidak sadar, ini bisa menjadi panduan hidup untuk Anda, tambah Ferentz .

Akan tetapim bukan berarti Anda bisa melakukan hal yang sama ketika sedang frustrasi. Membawa pikiran negatif ke permukaan diri bisa membuatnya benar-benar terjadi.

Begitu Anda mempunyai pikiran yang negatif, cobalah untuk menghilangkan perasaan tersebut dan mengingat kembali kekuatan yang Anda miliki.

Jadi jangan kuatir kalau Anda berbicara dengan diri sendiri, hal ini sangatlah wajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com