Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tipe Tamu yang Tidak Perlu Anda Undang ke Pernikahan

Kompas.com - 04/03/2017, 14:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Dari semua tahap menuju ke pelaminan, harus diakui bahwa menyusun daftar tamu adalah yang paling sulit. Sebab, semua anggota keluarga turut berbicara mengenai siapa yang harus Anda undang.

Seorang pakar industri pernikahan dan bintang acara televisi Brides of Beverly Hills, Renee Strauss, mengungkapkan lima orang yang tidak perlu diundang ke acara terpenting dalam hidup Anda.

1. Atasan

Mungkin terdengar aneh untuk tidak mengundang atasan ke pernikahan, walaupun hanya sekadar formalitas saja. Namun, akan lebih aneh bila atasan datang, walaupun Anda tidak mengundang rekan kerja lainnya.

Tentukan undangan untuk atasan berdasarkan ukuran tempat kerja, kedekatan dengan atasan, dan seberapa intim acara pernikahan Anda.

2. Mantan

Cukup singkat saja, tidak ada alasan untuk mengundang mantan ke pernikahan Anda kecuali bila kalian adalah teman baik dan calon suami atau istri tidak mempermasalahkannya.

3. Pasangan teman

Strauss berkata bahwa pakar etika masih belum bisa memutuskan secara pasti siapa yang boleh membawa pasangan ke pernikahan Anda, apakah yang baru pacaran, sudah lama pacaran, atau sudah menikah saja?

Namun, Strauss menyarankan untuk mengundang pasangan teman yang sudah Anda kenal dengan baik.

4. Saudara jauh

Darah memang lebih kental daripada air, tetapi sahabat lebih mengenal Anda dan calon suami atau istri daripada sepupu dari keponakan nenek Anda.

Strauss berkata bahwa status keluarga tidak secara otomatis membuat seseorang berhak datang ke pernikahan Anda, apalagi bila Anda dan dia tidak memiliki hubungan apapun kecuali nama belakang yang sama.

5. Tetangga

Anda tidak perlu merasa sungkan untuk tidak mengundang tetangga yang tidak dikenal dengan dekat. Apalagi bila pembicaraan Anda dengan dia hanya sebatas salam ketika berpapasan.

Menurut Strauss, walaupun dulu mengundang tetangga adalah tradisi, kini pasangan semakin jarang mengundang tetangga yang tidak dikenal dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com