Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Performa Kerja Lebihi Target, Karyawan Terbaik atau Cari Muka?

Kompas.com - 06/03/2017, 07:03 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber Mic

KOMPAS.com – Ragam ide dan anjuran untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaan, maka Anda memperoleh penghargaan yang sebanding. Namun, apakah benar demikian?

Sebab, tak sedikit keluhan karyawan yang mengungkapkan bahwa kinerja mereka yang selalu melebihi target tidak diapresiasi sesuai ekspektasi.

Anda mungkin ingin memperlihatkan pada atasan dan rekan kerja kemampuan yang Anda miliki demi mencapai target yang telah disepakati.

Namun, tahukah Anda bahwa kebanyakan orang dalam lingkup dunia kerja tidak menyukai kejutan, tak terkecuali atasan Anda.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Social Psychological and Personality Science tahun 2014 lalu, menuliskan bahwa kebanyakan karyawan tidak menerima penghargaan signifikan terhadap hasil kerja mereka yang cemerlang dan melebihi target.

“Tidak berarti karyawan bekerja dengan standar rata-rata, tetapi ketika Anda memiliki pengalaman bahwa perusahaan tidak memberikan apresiasi tinggi pada kinerja, meski sudah melebihi target, maka usaha itu sia-sia,” tulis penjelasan dalam studi tersebut.

Peneliti menyarankan karyawan untuk mementingkan memenuhi tenggat waktu ketimbang melebihi target kerja.

Selain itu, sikap ambisius yang berlebihan hanya membuat Anda dinilai cari muka oleh para rekan kerja lainnya.

Ya, Anda mungkin tidak perlu menghiraukan omongan dan desas-desus yang menjelek-jelekkan Anda.

Namun, Anda perlu tahu bahwa kemampuan karyawan dalam bersosialisasi juga menjadi tolak ukur perusahaan dalam memberikan promosi jabatan.

“Perusahaan ingin karyawan menyelesaikan kerja sesuai tenggat waktu. Simpan tenaga dan pikiran Anda untuk menyelesaikan pekerjaan atau tantangan baru lainnya dari kantor,” tulis kesimpulan studi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com