Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua, Biasakan Anak Cerdas Saat Belanja Sejak Kecil

Kompas.com - 07/03/2017, 16:08 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, pepatah ini menggambarkan anak yang meniru sikap dan sifat orangtuanya. Oleh karena itu, orangtua harus berhati-hati dalam bersikap di depan anak-anaknya, termasuk soal berbelanja.

Menurut seorang psikolog klinis, Dra. A. Kasandra Putranto, Psikolog, faktor genetik adalah salah satu aspek yang mempengaruhi seseorang menjadi kecanduan belanja atau shopaholic.

Lantas, bagaamana seharusnya orangtua menyikapi dan mengajarkan proses belanja pada anaknya? Pertanyaan tersebut dijawab oleh Kasandra.

“Caranya simpel, bisa karena biasa. Kalau nggak biasa kan jadinya nggak bisa. Maka dari itu kita membentu kebiasaan,” ujar Kasandra beberapa waktu lalu di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Dia melanjutkan, untuk membentuk kebiasaan sendiri, yang terbaik adalah dengan cara berpikir kognitif sehingga membiasakan anak untuk berpikir ketika belanja.

Mereka akan lebih mengetahui dan cerdas saat belanja, dan akan tahu mana barang yang benar-benar dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan.

“Kedua, dengan mengendalikan perilakunya, mengarahkan dari perilaku yang negatif ke arah yang lebih positif,” jelasnya.

Sebagai contoh, hindari membiasakan anak untuk berjalan-jalan di mall tanpa tujuan atau sekadar mengurangi kebosanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com