Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patriarki Sebabkan Wanita Sulit Dapatkan Pelayanan Kesehatan

Kompas.com - 08/03/2017, 16:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Ketika berkunjung ke peresmian klinik Angsamerah, Jakarta, Sabtu (18/2/2017), Felix Neunschwander, Project Manager of Partnership Division Angsamerah, mengatakan kepada Kompas.com bahwa empat dari sepuluh pasien di klinik tersebut adalah wanita.

Angka ini telah meningkat jauh dibandingkan pada saat klinik kesehatan seksual dan reproduksi tersebut baru berdiri pada tahun 2010. Walaupun demikian, pasien pria masih tetap lebih mendominasi daripada wanita.

Dr Baby Jim Aditya MPsi, Psikolog, seorang seksolog, hypnoterapis dan pelatih mental, aktivis AIDS, dan spesialis penjara, berkata bahwa lebih tingginya proporsi pria dibandingkan wanita tidak hanya terjadi di klinik Angsamerah saja, tetapi di berbagai pelayanan kesehatan.

Sebab, sejalan dengan sistem patriarki yang dianut oleh masyarakat Indonesia, pria biasanya memegang kendali keuangan dalam keluarga.

“Kedua, adalah sangat umum di masyarakat Indonesia yang sangat bias jender ini bila pria sangat ekspresif menyatakan kehendak seksnya, sementara wanita diharapkan bersikap pasif dan menyerah saja,” ucapnya.

Padahal, angka HIV dan AIDS di ibu rumah tangga jauh lebih tinggi dibandingkan profesi-profesi lainnya.

Dr Baby mengatakan, tetapi secara fisik yang terlihat di pelayanan kesehatan, terutama berbayar, adalah pria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com