Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2013, 17:10 WIB

KOMPAS.com - Cokelat biasanya disajikan saat pesta perayaan Paskah bersama keluarga. Salah satu jenis cokelat yang populer di Amerika sejak dulu adalah Cadbury's Creme Eggs. Cokelat tradisional ini berbentuk bulat dengan isian berwarna putih dan kuning di bagian tengahnya, seperti telur asli. Bagian luarnya dilapisi dark chocolate, sementara bagian dalamnya bertekstur creamy.

"Namun, bahan pembuat cokelatnya ini terasa sedikit pahit buat saya," jelas Ashley Rodriguez, seorang chef dan food blogger di Amerika.

Bagian putih telurnya dibuat dari campuran mentega dan golden syrup (sirup yang terbuat dari gula pasir, ditambah dengan sedikit brown sugar). Untuk memperkuat rasanya, cairan putih ini dicampur dengan biji vanila dan orange blossom water. Sedangkan bagian kuning telurnya dibuat dari bahan yang sama namun diberi tambahan pewarna kuning.

"Jika sulit mendapatkannya, cokelat telur ini bisa dibuat sendiri. Cokelat ini bisa dijadikan alternatif untuk memeriahkan Paskah," tambahnya. Jika ingin membuatnya, Ashley memberikan resepnya berikut:

Bahan:
1/2 cup golden syrup
6 sdm butter, kocok sampai lembut
1/2 sdt garam
1 sdt ekstrak vanila
3 cup gula bubuk
1/4 sdt pewarna kuning
1200 gr dark chocolate, lelehkan

Cara membuat:
1. Kocok butter dalam wadah sampai lembut, kemudian campur dengan golden syrup, garam, dan ekstrak vanila. Campur sampai rata, dan pastikan adonan benar-benar lembut. Pelankan mikser dan tambahkan gula bubuk.
2. Ambil sedikit adonan dan beri warna kuning, lalu aduk sampai rata. Kemudian dinginkan dalam lemari es minimal 15 menit sampai adonannya bisa dibentuk. Kemudian ambil 1/2 sdt bagian kuning ini dan bulatkan. Istirahatkan adonan ini.
3. Ambil bagian yang berwarna putih sekitar 1 sdt, kemudian bulatkan. Pipihkan adonan dan gunakan adonan putih ini untuk melapisi bola kuning. Bulatkan sampai berbentuk mirip telur.
4. Kemudian, tim dark chocolate dan celupkan telur buatan ini ke dalam cokelat. Dinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com