Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2013, 20:15 WIB

KOMPAS.com - Mereka yang bersekolah di era '90-an pasti punya kenangan tersendiri. Dari tontonan televisi, musik, jajanan, jenis pakaian, hingga idola kesayangan. Semua memori ini sekarang bisa Anda kenang kembali dalam buku yang diberi judul Generasi 90-an.

Buku yang ditulis, lebih tepatnya digambar, oleh Marchella FP ini resmi diluncurkan di toko buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2013). Peluncuran buku sekaligus menjadi ajang kopi darat akun twitter @Generasi90an, dan turut menghadirkan Samuel Mulia, penulis kolom Parodi di harian Kompas.

"Buku ini awalnya tugas akhir kuliah, lalu setelah melalui proses panjang akhirnya diterbitkan jadi buku," ujar Marchella, yang akrab disapa Checel.

Dalam buku ini, Checel menggambar dan memberi catatan semua hal yang berhubungan di era '90-an, terutama mengenai hiburan seperti jenis musik yang kerap didengar, tontonan televisi, mainan, pakaian yang lagi tren, serta bacaan yang populer.

"Era '90-an itu masa transisi yang gamang. Kalau diumpamakan jenis kelamin, dia tidak tahu mau jadi laki-laki apa perempuan," ujar Samuel memberi gambaran.

Sementara buat Checel, tema generasi '90-an ia pilih karena di masa itulah terjadi peralihan, dari yang konvensional hingga masuknya teknologi baru seperti gadget dan lainnya.

Buku yang diterbitkan penuh warna ini disusun hampir selama satu tahun, dan pertama kali beredar di pasaran pertengahan Februari 2013.

"Dalam 1,5 bulan, buku ini sudah memasuki cetakan ketiga," ujar Pax Benedanto, General Manager Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Buku ini menjadi buku perdana terbitan Pop, lini penerbitan baru dari KPG, dan sukses menjadi incaran pembaca, terutama mereka yang tumbuh dan punya kenangan tersendiri di era -90-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com