Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2013, 21:08 WIB

KOMPAS.com - Anda seorang fashion blogger? Sering datang ke pagelaran busana dan mendapat kursi di barisan depan? Jika ya, aktivitas seperti itu kini bisa dijadikan sebagai profesi. Beberapa fashion blogger asal Spanyol, telah mengubah blog mereka menjadi tempat berkarya secara profesional.

Berasal dari hobi, kini fashion blogging telah dapat dijadikan sebuah profesi. Pada tahun 2009, blog para fashion blogger mulai dijadikan sebagai tempat bisnis. Menurut studi sosiologis yang dilakukan oleh situs fashion, Truendy, yang bekerjasama dengan Spanish Fashion Blogs Association (AEBDM), berdasarkan survei pada 350 fashion blogger asal Spanyol, hanya empat dari 10 blogger yang mampu melihat blog sebagai suatu ruang profesional.

Namun, tujuh dari 10 blogger kerap diminta oleh beberapa merek fashion untuk mempresentasikan produk di blog mereka secara gratis, atau menaruh iklan pada blog mereka. Satu dari 10 blogger mengaku menerima bayaran tunai, atau pembayaran dengan pakaian dan aksesori lewat iklan yang dipasang pada blog mereka.

Meskipun beberapa dari blogger berhasil menjadikannya sebuah profesi, Maria Giraldo, penyelenggara Fashion Blog Conference mengatakan bahwa para blogger sekarang ini menggunakan situs mereka untuk mendapatkan uang dalam jumlah besar dari brand-brand yang ingin menaruh produk di blog mereka.

"Untuk menghadiri fashion show saja, dulu mereka dapat dibayar sekitar  390 - 650 dollar Amerika. Namun, seiring berkembangnya zaman, kini bayaran mereka naik menjadi 1.000 - 1.300 dollar," kata Giraldo.

Wow... siapa tak tergiur?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com