Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2013, 14:11 WIB

KOMPAS.com - Saat makan bersama keluarga, Anda mungkin sering harus mengelus dada karena anak-anak lebih banyak mengotori meja ketimbang memasukkan makanan ke mulutnya. Atau menghabiskan waktu makan dengan bertengkar dengan anak soal pilihan makanan. Untuk itu, Anda perlu mulai mengajarinya sopan-santun di meja makan, sesuai dengan usia anak.

1. Batita
* Tunjukkan dan ingatkan. "Anak-anak di bawah tiga tahun harus selalu diingatkan bagaimana cara makan yang sopan," kata konsultan parenting Lisa Bunnage. "Mereka selalu menganggap segalanya seperti permainan. Jadi, orangtua perlu menetapkan aturan makan yang jelas sejak awal."

Caranya adalah dengan memberitahukan dan memperlihatkan pada anak, apa yang harus mereka lakukan saat makan, lalu apa konsekuensinya jika aturan itu tidak diikuti. Jika anak memang sedang dalam periode sulit, orangtua perlu sering-sering mengulangi aturan tersebut.

* Satu per satu. Anak yang suka menumpahkan atau memuntahkan makanan akan membuat orangtuanya kesal. "Jika anak suka menjatuhkan atau melempar makan, taruh makanan sedikit demi sedikit. Letakkan satu potong ayam di piringnya. Kalau dimakan, tambahkan satu potong lagi," kata ahli parenting Julie Freedman Smith. Kalau dijatuhkan, setidaknya Anda hanya perlu membereskan satu potong makanan ketimbang seisi piring.

"Anda juga bisa mencoba mengabaikan perilaku buruk ini. Anak-anak melakukan sesuatu dan melihat hasilnya. Jika menjatuhkan, menumpahkan, dan memuntahkan masakan membuatnya mendapat perhatian orangtua, mereka akan selalu melakukannya," kata Bunnage. Sebaliknya, jika dia makan dan berbicara dengan sopan selama di meja makan, beri dia perhatian. Ini akan mendorongnya berperilaku positif setiap kali makan.

2. Prasekolah
* Perlu banyak latihan. Anak-anak pada usia ini sangat pemilih soal makanan, sangat lambat saat makan, dan sangat suka mencari perhatian. Freedman Smith mengatakan, cara paling tepat untuk mengajarkan etiket makan di meja makan adalah dengan banyak latihan.

"Duduklah bersama anak di waktu selain waktu makan, lalu jelaskan apa yang perlu dia ketahui. Tuliskan atau buat dalam bentuk gambar," saran Freedman Smith. "Saat akan mulai makan, minta mereka menyebutkan aturan-aturan makan yang telah dipelajari. Jika hal tersebut dipraktikkan, katakan terima kasih padanya. Jika mereka lupa, ingatkan mereka."

* Ulangi terus. Teruslah meminta mereka mengulangi menyebutkan aturan makan yang dipelajari, termasuk saat mereka diajak makan di ke rumah orang lain.

3. Usia sekolah
* Ajarkan cara berbicara saat sedang makan. "Orangtua perlu memancing anak dengan berbagai pertanyaan yang tidak dapat dijawab hanya dengan 'ya' atau 'tidak'. Jadilah pendengar yang baik saat anak berbicara," kata pakar etiket Louise Fox.

* Larang anak main gadget sambil makan. Minta mereka menyimpan gadget-nya sebelum makan, lalu ingatkan untuk makan dengan benar dan bicara dengan sopan selama makan bersama keluarga, bukannya buru-buru menghabiskan makanan agar bisa kembali bermain atau menonton TV.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com