Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2013, 17:27 WIB

KOMPAS.com - Mungkin ada perasaan iri ketika melihat teman-teman sebaya sudah memiliki pasangan atau bahkan mempunyai anak. Sementara dari dulu sampai sekarang, Anda masih saja menjomblo. Baru-baru ini, situs kencan MySingleFriend.com mengungkapkan sebuah pernyataan, bahwa penyebab Anda masih tetap menjomblo sebenarnya karena kepribadian dan karakteristik diri.

Menurut situs kencan ini, para pencari jodoh dikelompokkan sesuai dengan karakteristik kencan mereka sendiri. Psikolog dari Manchester Metropolitan University, David Holmes, mengungkapkan bahwa pembagian kelompok berdasarkan karakteristik kepribadian dan kencan yang pernah dilakukan selama ini bisa membantu Anda menemukan hubungan cinta yang berkelanjutan.

"Mungkin tidak semua ciri-ciri yang dituliskan ini sesuai. Namun kebanyakan orang memiliki ciri-ciri kepribadian yang lebih menonjol dibandingkan sifat yang lain. Maka sifat ini bisa menjadi rambu-rambu penunjuk kepribadian mereka," jelas David. Penggolongan kelompok pencari cinta ini digambarkan menyerupai sifat hewan.

1. Panda, si pemilih
Hewan ini memang sekilas terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Namun tahukah Anda jika binatang berbulu putih dan hitam ini tergolong hewan yang sangat pemilih? Dalam kehidupan percintaan, panda melambangkan sifat seseorang yang perfeksionis. Jika memiliki tipe kepribadian yang seperti ini, Anda harus berusaha keluar dari zona nyaman.

"Panda yang pemilih termasuk tipe orang yang sangat menikmati waktu mereka sendiri, dan sangat berhati-hati saat memilih pasangan. Maunya yang sesempurna mungkin," tambah Holmes.

Aktor tampan Hollywood, George Clooney, merupakan salah satu orang yang termasuk dalam kelompok picky panda ini. Ia memberikan kesan kepada semua orang bahwa ia sangat percaya diri, sempurna, dan nyaman dengan dirinya sendiri. Akibatnya, ia memberikan pesan kepada kaum perempuan bahwa hanya orang yang penuh kesabaran dan sangat dekat padanya saja yang termasuk kriteria idamannya.

2. Lebah, si sibuk
Tipe-tipe orang dengan kepribadian seperti inilah yang banyak ditemukan di kota besar. Kesibukan yang tinggi adalah kelemahan terbesar dan penghancur hubungan percintaan.

Holmes mengungkapkan bahwa Harry Styles, salah satu personel boyband One Direction, tergolong seorang busy bee. "Harry adalah anak muda yang sukses dan sangat sibuk dengan jadwal manggungnya. Namun tak begitu dengan kehidupan percintaannya. Ia harus menemukan waktu untuk mendapatkan keseimbangan antara kerja dan cintanya," saran Holmes.

3. Anjing, si teman baik
Wajahnya yang lucu, bersemangat, dan menggemaskan pasti menarik perhatian banyak orang. Anda yang berada dalam kategori ini biasanya memiliki banyak teman dan sangat loyal pada teman-temannya. Zona nyaman berteman ini terkadang sering menjebak Anda sehingga tidak bisa memilih satu orang yang paling spesial di hati.

Russel Brand merupakan selebriti yang termasuk dalam kelompok ini. "Brand dan orang lain yang termasuk dalam kategori ini adalah orang yang sangat populer, menyenangkan, dan penuh perhatian pada semua orang. Maka akan sangat sulit baginya memilih satu di antaranya. Hanya saja begitu sudah menemukan satu orang mereka bisa sangat setia," jelasnya.

4. Burung hantu, si penyuka kehidupan malam
Kelompok ini biasanya didominasi oleh anak-anak kuliahan atau yang usianya masih '20-an. Orang-orang di kelompok ini sangat suka berpesta malam dan flirting dengan banyak orang. Namun pada akhirnya mereka kebingungan memilih, dan justru meninggalkan semuanya tanpa status. Model Cara Delevigne adalah contoh perempuan yang ada dalam kelompok ini.

5. Hiu, si dingin
Kepribadian seperti ini lebih sering dimiliki pria. Mereka dinilai sebagai sosok pria yang suka mempermainkan hati pasangannya, atau playboy. Mereka menganggap diri mereka terlalu cool untuk punya pasangan. Spencer Matthews adalah sosok yang dianggap punya kepribadian seperti hiu.

"Dia adalah seorang player, namun suatu saat dia akan menemukan seseorang yang benar-benar menangkap hatinya dan  tak melepaskannya," tutup Holmes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com