Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2013, 15:24 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Gaya berpakaian perempuan berhijab tak lagi monoton. Setiap perempuan berhijab bisa tampil mengekspresikan dirinya mewakili karakternya masing-masing. Mau tampil feminin, kasual, atau androgini, semua bisa dengan tentunya memerhatikan unsur kesantunan dalam berbusana muslim.

Gaya busana berbeda karakter inilah yang ingin ditampilkan Tasya Nur Medina dan Melissa A Pravieta dalam buku Express Your Style with Hijab diterbitkan Gramedia Pustaka Utama.

Tasya menerbitkan bukunya di ajang Jakarta Islamic Fashion Week 2013 berbarengan dengan buku perdana sang adik, Zaskia Adya Mecca. Jika Zaskia menawarkan konsep buku yang berbeda, dengan lebih banyak gambar untuk memberikan inspirasi gaya berpakaian berhijab, Tasya menampilkan ragam karakter busana muslim lengkap dengan tutorial dan gambar sebagai inspirasinya. Lebih dari 25 gaya busana ditampilkan untuk perempuan berhijab.

"Kebanyakan buku hijab hanya mewakili satu karakter, di buku ini ada tiga karakter yang terwakili, smart casual, androgini, feminin girlie" ungkap Tasya kepada Kompas Female.

Untuk perempuan berhijab yang berkarakter feminin, konsep busana feminin girlie mewakili gayanya. Busana dengan motif bunga, serta tabrak warna menjadi ciri khasnya. Model busana seperti dress dan rok mewakili karakter ini.

Sementara untuk smart-casual, model celana lebih mendominasi gaya ini. Penggunaan bahan kaos juga menjadi ciri khasnya. Menurut Tasya, untuk perempuan yang baru belajar berhijab, gaya smart-casual lebih tepat.

Sedangkan gaya androgini lebih banyak memakai model celana. Selain menampilkan pilihan warna dan motif yang berani. Meski begitu, karakter androgini juga tak lantas meninggalkan sisi feminin perempuan dengan warna-warna lembut. Tasya memberikan inspirasi bagaimana warna pink bisa dikenakan dengan tepat oleh perempuan berkarakter androgini.

Tak puas memberikan inspirasi gaya berhijab untuk tiga karakter, Tasya merencanakan buku berikutnya dengan menampilkan lima karakter berbeda.

"Fashion muslim semakin berkembang. Kini bukan hanya kerudung yang menutup dada, baju pun bisa dirancang menutupi dada," tutur ibu satu anak yang mengelola butik Meccanism bersama Zaskia, dengan fokus di bagian produksi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com