Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2013, 16:53 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky


KOMPAS.com –
Banyak orangtua mendambakan anak-anak yang berperilaku sopan dan manis.  Pada dasarnya setiap orangtua bisa memiliki anak seperti itu jika mereka mengajarinya dengan memberikan contoh nyata.

Anak-anak adalah peniru ulung. Orangtua akan menjadi role model mereka dalam bersikap dan bertutur kata. Kebiasaan baik akan bertahan selamanya. Mengajarkan kebiasaan baik sedini mungkin sama halnya dengen membuat fondasi bagi kepribadian mereka di masa depan.

Maka dari itu coba terapkan kebiasaan baik dari diri Anda agar mereka mengikutinya, dimulai dari :

Kebersihan

Sekarang saatnya bagi Anda untuk mengajari mereka pentingnya menjaga kebersihan dan kebiasaan menjadi bersih. Ajarkan mereka pentingnya mandi setiap hari, memotong kuku, mencuci tangan sebelum makan, dan membersihkan tangan setelah menggunakan toilet.

Kerapian

Hal ini menyangkut pada kebersihan pribadi dan kerapian. Memang wajar jika anak usia prasekolah masih berantakan, tapi Anda harus mengajari mereka pentingnya memiliki kebiasaan rapi. Mulailah dengan bekerja sama bersama mereka menaruh kembali mainan di tempatnya dan mengaturnya secara rapi.

Menghormati

Anak-anak prasekolah membutuhkan arahan yang benar dari sisi Anda untuk memahami konsep hormat. Ajarkan mereka untuk menghormati orang lain, tidak hanya untuk menghormati orang tua, tapi juga diajarkan untuk menghormati sesama makhluk hidup.

Ketepatan waktu

Daftar kebiasaan yang baik untuk anak-anak prasekolah tentu harus mencakup ketepatan waktu di dalamnya. Ajari mereka manfaat dari tepat waktu.

Ketaatan  

Mengajar sifat taat dan patuh untuk anak prasekolah mungkin menjadi tugas yang sulit. Tapi, berinteraksi dengan mereka secara positif dengan menawarkan dorongan dan cinta dapat membantu mereka tumbuh dengan ketaatan dan kepatuhan. Lakukan proses ini dengan penuh kasih sayang.

Kejujuran

Pada anak usia prasekolah, arti kejujuran mungkin belum begitu dipahaminya. Tetapi mulailah memberi contoh dengan selalu berbuat jujur, misalnya tepat waktu, menepati janji kepada anak, mau mengakui kesalahan, serta tidak berkata bohong.

Kebiasaan tidur

Sangat penting untuk mengajarkan anak prasekolah agar memiliki kebiasaan tidur yang baik. Katakan pada mereka, tidur telat atau terlalu larut tidak baik untuk kesehatan mereka. Orangtua juga harus berperilaku yang sama jika ingin anak Anda mempunyai kebiasaan tidur yang sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com