Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet untuk Melangsingkan Seluruh Tubuh Kecuali Payudara

Kompas.com - 14/11/2013, 07:08 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber

KOMPAS.com — Tren diet memang terus berganti, yang teranyar adalah diet yang dipopulerkan oleh para selebriti Hollywood seperti Kelly Osbourne dan Ketty Perry. Mereka mengaku melakukan diet yang mampu melangsingkan seluruh bagian tubuh, kecuali bagian payudara.

Diet yang tampak menjanjikan tersebut disebut dengan diet jamur (The Mushroom Diet) atau disingkat M-Plan. Metodenya cukup sederhana, yakni mengganti satu waktu makan dengan jamur selama dua minggu. Anda boleh memilih mengganti makan pagi, siang, atau malam. Lebih disarankan jika jamur dimakan mentah sehingga seluruh nutrisinya tidak hilang.

Mereka yang pernah mencoba diet ini mengklaim berhasil menurunkan beberapa inci pada bagian tubuh yang sering jadi tempat tumpukan lemak, seperti perut, pinggul, paha, dan pinggang, tetapi tidak dengan payudara.

Mengapa jamur bisa membakar lemak masih jadi perdebatan. Sebagian mengatakan jamur adalah bahan pangan dengan kadar indeks glikemik rendah (lambat dicerna dan melepaskan energi secara bertahap sehingga kita lebih awet kenyang).

Kandungan nutrisi dalam jamur juga dinilai lebih padat dibanding dengan sayuran lain. Jamur mengandung protein tinggi dan juga serat. Bonus lainnya adalah kandungan vitamin B, zat besi dan zinc, yang membantu menguatkan kuku, menyehatkan kulit, dan membuat rambut lebih berkilau.

Meski begitu, tidak semua pakar yakin dengan manfaat jamur untuk penurunan berat badan. "Tidak ada makanan ajaib yang bisa melakukan penurunan berat badan hanya pada spot tertentu saja," kata Michelle Davenport, ahli nutrisi.

Hal senada disampaikan pakar nutrisi Janine Fahri dari London's NutriLife Clinic. Menurutnya, efek pelangsingan mungkin saja terjadi karena kita mengganti makanan tinggi kalori dengan jamur yang relatif rendah kalori.

"Jika penggantian itu dilakukan secara rutin, tentu berat badan akan turun. Tetapi, saya tidak percaya ada makanan yang bisa menargetkan pelangsingan hanya pada area spesifik di tubuh," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com