Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2014, 17:10 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com – Salah satu buah paling bergizi adalah alpukat. Khasiatnya tak hanya bermanfaat untuk tubuh, tapi juga untuk keindahan kulit dan rambut Anda. Namun, nilai gizi dan manfaat dalam buah alpukat yang belum matang dan sudah matang sangatlah berbeda. Lalu, bagaimana cara membuat alpukat muda agar segera matang tanpa harus menyimpannya terlalu lama?

Memperoleh alpukat yang telah matang dan empuk, tidak semudah yang kita kira. Sebab jenis yang hadir di pasaran umumnya alpukat yang masih muda, rasanya pun pahit dan tidak sedap untuk disantap. Selain diperam dalam beras, adakah cara lain untuk mematangkan alpukat?

Berikut urainnya, seperti dikutip dari Real Simple:

1. Gunakan pisang matang
Buah pisang yang sudah matang, ternyata bisa membantu mempercepat alpukat cepat matang. Caranya, ambil kantong kertas (jika tidak ada, ganti dengan kertas koran). Kemudian, masukkan satu alpukat yang masih muda dan juga satu buah pisang yang matang ke dalam kantong tersebut.  Letakkan di dekat jendela yang terkena sinar matahari atau di tempat yang hangat. Diamkan selama 18-24 jam sampai alpukat terasa empuk dan matang.

Pisang yang telah matang mengeluarkan gas etilen yang dapat membuat alpukat lebih cepat masak. Gas etilen merupakan gas yang dihasilkan oleh buah-buahan yang sudah matang, dan dapat membantu membuat buah jadi lebih cepat masak.

2. Kacang polong
Jika Anda tak sabar menunggu alpukat yang diperam sampai matang, maka ada cara lain untuk bisa menikmati jus alpukat yang nikmat atau saus alpukat (guacamole) yang enak, yaitu dengan cara mencampurkan alpukat dengan kacang polong segar atau beku.

Kemudian, masukkan daging buah alpukat dan kacang polong ke dalam blender. Kacang polong yang diblender bersama alpukat mentah ini akan membantu membuat tekstur alpukat jadi lebih lembut. Tetapi tenang saja, Anda tak perlu khawatir karena kacang polong tidak akan membuat rasa alpukat jadi aneh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com