Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2014, 14:05 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Busana muslim semakin booming belakangan, baik peminatnya, penggunanya, juga variasi model dan koleksinya. Semakin banyak pilihan menggunakan busana muslim untuk perempuan berhijab. Namun tidak semua orang berhijab menggunakan busana muslim yang baik.

Desainer senior, Ida Royani, mengatakan dalam pantauannya sejak merancang dan terjun ke industri busana muslim dari awal 80-an, busana muslim semakin berkembang.

"Sekarang ini anak muda semakin banyak yang pakai busana muslim. Desainer muda juga membuat busana muslim beragam. Kalau hijab saya angkat topi, sudah bagus. Namun hijab bagus belum tentu busana muslim sudah baik," kata Ida dalam kegiatan Ramadhan Runway di Kota Kasablanka Jakarta.

Karenanya, Ida menghimbau kepada desainer untuk merancang busana muslim secara keseluruhan. Menurutnya, banyak yang merasa sudah menggunakan busana muslim namun sebenarnya belum menutup aurat. Misalnya masih menggunakan celana ketat.

Busana muslim yang baik, kata Ida, menutup tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Busana muslim yang baik juga tidak ketat dan tidak membentuk tubuh. Selain juga tidak menerawang dan modelnya tidak menyerupai pakaian laki-laki.

"Kalau pun mau pakai celana, gunakan blus sepanjang paha atau lutut," sarannya.

Bagaimana dengan gaya busana muslim Anda, sudah kah baik sesuai anjuran tersebut?


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com