Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancang Busana Dunia Oscar de la Renta Tutup Usia

Kompas.com - 21/10/2014, 11:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com
 — Perancang busana kenamaan dunia, Oscar de la Renta, mengembuskan napas terakhirnya pada usia 82 tahun, Senin (20/10/2014) waktu setempat. Berita wafatnya perancang busana Amerika Serikat ini dikonfirmasi oleh sang istri, Annete de la Renta, dan beberapa kantor berita, seperti ABC News dan Univision.

Sejak tahun 2006, De La Renta telah berjuang melawan penyakit kanker yang menggerogoti tubuhnya. Namun, tahun lalu, dokter menyatakan bahwa De La Renta bebas dari kanker. Maka dari itu, hingga detik ini, penyebab wafatnya masih belum diketahui.  

Sepanjang kariernya selama lebih dari 50 tahun, De La Renta telah merancang busana bagi banyak kalangan, mulai dari para ibu negara hingga sederetan selebritis wanita dan pria. Busana terakhir yang dirancangnya adalah gaun pernikahan istri George Clooney, Amal Alamuddin. Gaun pengantin tersebut menuai pujian karena gaya rancangannya yang simpel, tetapi menebarkan kemewahan.

Busana-busana rancangannya dikenal karena unsur feminin dan unsur romantis yang layak menjadi sorotan utama.  Singkatnya, busana rancangan De La Renta kaya akan unsur glamor, klasik, dan elegan.

De La Renta yang lahir di Republik Dominika sempat bekerja pada beberapa perancang busana ternama, seperti Cristobal Balenciaga, sebelum dikenal dengan rancangannya sendiri. Namanya populer saat karya busananya dikenakan oleh Ibu Negara Jackie Kennedy pada tahun 60-an silam. 

Seiring waktu, De La Renta telah menerima sederet penghargaan sepanjang kariernya, termasuk CFDA Lifetime Achievement Award pada 1990. Seminggu sebelum wafat, De La Renta menunjuk Peter Copping untuk menggantikannya sebagai direktur kreatif di rumah mode miliknya.

Keputusan tersebut entah karena firasat atau tidak, tetapi ini kali pertama De La Renta mencari penggantinya selama ia berkarya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com