Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbukti, Anak Perempuan Lebih Jago Menghitung ketimbang Anak Lelaki

Kompas.com - 20/11/2014, 10:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Selama ini kita tumbuh dengan anggapan bahwa pria memiliki kapasita intelegensia lebih baik ketimbang wanita. Namun, baru-baru ini sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak perempuan ditemukan lebih piawai dalam mata pelajaran berhitung dibandingkan anak lelaki.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Association for Psychological Science ini, membuktikan bahwa keunggulan anak atau pelajar perempuan dalam matematika berdasarkan kemampuan bahasa atau verbal dinyatakan lebih unggul daripada anak lelaki.

Menurut Xinlin Zhou dari Beijing Normal University, dan Wei Wei, Hao Lu, Hui Zhaou, serta Qi Dong dari Beijing Normal University, menjelaskan, banyak orang selalu menyimpulkan bahwa anak lelaki lebih piawai dalam pelajaran matematika, memiliki imajinasi visual lebih baik, sedang anak perempuan hanya unggul dalam bidang lingusitik. Sekarang, anggapan itu terbukti tidak benar.

Penelitian yang dilakukan oleh Zhou dan rekan-rekan ini melakukan serangkaian tes pada pelajar dengan kisaran usia 8 hingga 11 tahun di 12 sekolah dasar sekitar Beijing. Hasilnya, jelas terungkap bahwa tingkat kecerdasan pelajar perempuan pada ilmu matematika jauh lebih tinggi dibandingkan pelajar lelaki.  ada pada

Ini dibuktikan dengan nilai para responden perempuan pada ujian pengurangan dan perkalian yang kompleks, berada pada angka terbaik.

Selain itu, anak perempuan juga terbukti bersinar pada ilmu perbandingan angka dan mampu memprediksi kecepatan dengan tepat. Sementara itu, anak lelaki hanya unggul pada pelajaran bangun ruang tiga dimensi.

Kemahiran anak perempuan dalam menilai dan menciptakan kata-kata beriram, diprediksi Zhou sebagai kunci mengapa mereka lebih unggul pada ilmu aritmatika. “Tentu saja, aritmatika membutuhkan pengolahan verbal yang cepat dan tepat,” terang Zhou.

Terakhir Zhou menyimpulkan, menghitung merupakan kegiatan lisan karena daftar perkalian mesti dihafalkan. Nah, bagian inilah yang membutuhkan seseorang dengan kemampuan memori yang mumpuni. Penelitian menegaskan bahwa perempuan memiliki kemampuan mengingat yang baik dan cemerlang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com