Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2015, 15:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Mata yang berkantung adalah salah satu permasalahan pada wajah yang mengganggu penampilan Anda. Ada yang mengatakan, kantung mata disebabkan kurang tidur. Namun sebenarnya apa yang menyebabkan kantung mata muncul? Lalu bagaimana menuntaskannya? 

Menurut dermatolog Dr. Marnie Nussbaum, ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya kantung mata. Faktor-faktor ini, kata dia, harus dikenali terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan dan menuntaskan kantung mata. "Penyebab mata berkantung termasuk stres, retensi cairan, hormon, diet, kurang tidur, konsumsi alkohol berlebih, dan sebagainya. Infeksi, lensa kontak, dan alergi juga memicu mata jadi lebih berkantung," jelas Dr. Nussbaum. 

Dr. Nussbaum menyebutkan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengurangi terjadinya mata berkantung ini. Berikut uraiannya.

1. Kompres air dingin. 
Menurut Dr. Nussbaum, kompres air dingin digunakan untuk menyempitkan pembuluh darah yang kemudian akan membatasi aliran cairan menuju ke jaringan halus. Namun, ada baiknya tidak menyimpan kompres di dalam freezer. Sebaliknya, rendam handuk kecil di dalam air, gunakan handuk yang telah basah atau dingin hingga hampur beku, atau kantung kompres yang diisi es yang dibungkus dengan handuk. 

2. Gunakan bantal tambahan. 
Menambahkan bantal untuk menyangga kepala selama tidur dapat memperkecil risiko munculnya kantung mata. "Cobalah tidur dengan menggunakan beberapa bantal yang dapat nyaman bagi leher Anda, sehingga kepala akan terelevasi dengan baik yang memungkinkan berkurangnya retensi cairan di bawah mata," ungkap Dr. Nussbaum. 

3. Mencuci muka di pagi hari. 
Dengan mencuci muka di pagi setelah bangun tidur, Anda akan terhindar dari risiko mata berkantung di pagi hari. Dr. Nussbaum menjelaskan, teknik ini akan menyempitkan pembuluh darah, mirip fungsinya dengan kompres air dingin. Selain itu, cuci muka juga akan mengurangi pembengkakan yang memicu mata berkantung. Di samping cuci muka, Anda juga bisa mandi di bawah pancuran. 

4. Gunakan mentimun. 
Barangkali, meletakkan irisan mentimun di atas mata adalah cara yang paling mudah dan dikenal ampuh mengusir timbulnya kantung mata. Dr. Nussbaum menyebut cara ini adalah cara rumahan dengan cara meletakkan irisan mentimun pada kelopak mata selama 30 menit. Terjadinya pembengkakan, mata merah, maupun iritasi sekiranya akan dapat dihindari.

5. Alat bantu sendok makan.
Mengatasi kantung mata dengan sendok makan adalah cara yang sangat mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. "Letakkan dua buah sendok di dalam lemari es sebelum Anda tidur. Di pagi hari, letakkan kedua sendok makan tersebut pada mata Anda untuk mengempiskan area kantung mata. Cara ini akan mempersempit pembuluh darah di bawah mata yang kemudian kantung mata akan mengempis," sebut Dr Nussbaum. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com