Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Bikini Pintar untuk Perawatan Tabir Surya

Kompas.com - 19/06/2015, 10:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Health
KOMPAS.com -- Kalau Anda sedang berlibur di pantai atau sekedar berenang pada siang hari yang terik, biasanya Anda selalu terganggu dengan kulit yang terbakar karena terpapar sinar matahari.Tidak mengaplikasikan tabir surya dapat memicu risiko kerusakan kulit, keriput, hingga kanker kulit.

Berangkat dari kondisi ini, perancang busana asal Perancis, Marie Spinali, meluncurkan lini produk busana renang anti efek terbakar sinar matahari. Sebab, busana renang ini dilengkapi dengan sensor matahari yang mampu menganalisa paparan sinar matahari berdasarkan tipe kulit orang yang mengenakan busana renang tersebut.

Kemudian, busana renang akan mengirimkan pesan singkat kepada orang yang bersangkutan, isinya berupa pesan yang mengingatkan Anda bahwa kulit hampir terbakar dan perlu kembali mengaplikasikan tabir surya. Menurut Spinali, inspirasi perancangan busana renang ini tidak lain adalah karena dirinya melihat banyaknya orang yang kulitnya terbakar sinar matahari di pantai.

Target pasar produk busana renang ini termasuk pula di kawasan yang paparan sinar mataharinya intensif, seperti Australia dan Brazil. Masyarakat di dua kawasan tersebut pun sering berada di pantai dan terpapar sinar matahari. "Proyek ini muncul karena melihat banyak orang yang sudah merah seperti lobster namun masih tetap terpapar sinar matahari," ungkap Spinali.

Lini produk rancangan Spinali yang inovatif ini bakal hadir dalam beragam model. Harga dimulai dengan 150 poundsterling atau 168 dollar AS yang setara Rp 2,2 juta. Selain itu, Spinali juga meluncurkan handuk pantai dan busana renang pintar versi anak-anak yang dilengkapi sistem peringatan berbasis GPS untuk mengingatkan orangtua bila anak mereka bermain terlalu jauh dari jangkauan.

Tentu saja, produk busana renang ini mengingatkan kita tentang pentingnya melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, penting pula untuk selalu mengaplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas guna menghindari risiko kulit terbakar dan gangguan kesehatan yang ditimbulkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com