Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telah Hadir Sebuah Karya Seni Terbaik Anak Negeri

Kompas.com - 29/06/2015, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Batik sudah menemani masyarakat Indonesia sejak berabad abad lamanya. Namun sebenarnya baru pada 2 Oktober 2009 yang lalu United Nation Educational, Scientific, and Cultura, Organization atau UNESCO mengumumkan batik Indoesia sebagai warisan budaya dunia bukan benda (intangible cultural heritage/ICH) dan diharapkan dapat menjadi warisan ketiga Indonesia yang terdaftar dalam Intangible Heritage of Humanity UNESCO, setelah wayang dan keris.

Batik berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa, yaitu amba yang berarti menulis dan kata tik yang berarti titik. Setelah proses membatik dilakukan pada selembar kain, zat malam sejenis lilin dituliskan dengan alat canting yang berfungsi sebagai perintang warna. Proses membatik pun dilakukan untuk menghasilkan motif yang unik dan menarik pada permukaan kain tersebut.

Beberapa motif batik Indonesia yang cukup populer adalah sido mulyo dengan khas bentuk wajik dan parang dengan bentuk diagonal miring 45 derajat yang diciptakan pada jaman Majapahit dimana berarti kekuatan. Motif pada batik mengandung falsafah nilai kehidupan dan harapan-harapan yang terkandung dalam selembar kain. Filosofi dari batik sido mulyo misalnya, di dalam bentuk bidang wajiknya terdapat isen atau pengisi umumnya motif pohon, motif rumah, atau motif hewan seperti kupu-kupu dan garuda, mengandung harapan tentang keluarga yang dibina terus menerus walau dalam rintangan apapun akan memperoleh kemuliaan dan kebahagiaan. Hal ini dapat diperoleh apabila manusia mampu mengendalikan diri.

Terinspirasi dan ketertarikan untuk mengangkat filosofi yang terkandung dalam motif batik Indonesia ke masyarakat global, inilah maka label Jahning didirikan. Dengan mengandalkan produk ber kualitas buatan tangan, Jahning mempunyai harapan agar batik dapat diangkat menjadi sebuah karya seni bernilai budaya dan menghadirkan suatu cerita dibalik setiap karya eksklusif yang diciptakan oleh para pembatik. Tas sendiri merupakan salah satu medium yang efektif karena dapat dibawa kemanapun dalam setiap kesempatan. Sekaligus, setiap pemakai tas Jahning diharapkan dapat berperan sebagai pencerita dan penyambung pesan mengenai arti batik Indonesia.

Batik sebetulnya adalah suatu proses penciptaan karya seni yang tidak mudah. Semakin banyak warna khusus, maka prosesnya akan semakin panjang karena seluruhnya dikerjakan manual oleh tangan. Apalagi kemudian dibuat hingga menghasilkan sebuah produk tas yang bernilai seni tinggi. Belum lagi apabila batik dibuat dengan teknik tulis maupun kombinasi, maka proses pengerjaan akan memakan waktu hingga bulanan tergantung dari kerumitan desain gambar batik tersebut. Hal inilah yang menjadikan produk tas batik Jahning memiliki kisaran harga antara Rp 350.000 hingga Rp 700.000, karena disesuaikan dengan komposisi bahan dan tehnik yang digunakan.

DOK.GRAZERA Jahning merupakan produk tas lokal yang memiliki keunggulan karena dibuat dengan tangan, bermodel unik, dan eksklusif.

Jahning mempunyai visi agar produk batik dapat menjadi pilihan bergaya bagi pribadi yang aktif, modern, percaya diri, senang berpergian serta mencintai seni dan budaya. Kehadiran Jahning juga diharapkan mampu menyaingi label tas luar negeri yang populer di tanah air dan dapat mempertahankan suatu budaya lampau agar bertahan di era perkembangan teknologi, industri modern serta masyarakat dinamis ini.

Jahning merupakan produk lokal yang memiliki keunggulan karena dibuat dengan tangan (handmade), bermodel unik, dan eksklusif. Setiap tasnya diproduksi secara terbatas  dan mengikuti tren  yang ada. Beberapa koleksi telah hadir dengan desain motif yang tetap berpegangan pada unsur budaya dari batik Indonesia.  Selain itu juga ada penggabungan beberapa budaya sekaligus dalam satu motif desain yang bisa menjadi pilihan. Pada kesempatan yang baik ini Jahning telah bekerjasama dengan www.grazera.com, sebagai sebuah signature product yang dapat dibeli secara online, mengingat saat ini produk yang dipasarkan masih terbatas namun sudah mendapatkan antusiasme masyarakat luar negeri seperti Amerika dan Jepang.

Kunjungi www.grazera.com untuk mendapatkan koleksi Jahning terbaru!  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com