Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2015, 15:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Dunia anak identik dengan bermain dan belajar. Sejak usia dini, anak sebaiknya diajarkan dan diperkenalkan dengan berbagai hal yang dapat bermanfaat bagi kehidupannya kelak, salah satunya adalah tentang keuangan dan perbankan. Namun demikian, bagaimana sebenarnya cara yang tepat dalam mengenalkan anak pada dua hal tersebut?

Hal ini yang menjadi latar belakang Bank Permata mengadakan pelatihan Permata Bankir Cilik dan Parenting Talkshow dengan tema "Pentingnya Bermain Sambil Belajar bagi Perkembangan Anak". Kedua program ini dirancang untuk meningkatkan tingkat literasi anak-anak usia sekolah dasar melalui pelatihan untuk menjadi Duta Menabung di sekolahnya masing-masing.

"Dunia keuangan adalah urat nadi kehidupan masyarakat. Anak-anak bisa belajar tentang keuangan sedini mungkin. Namun, ini cukup menantang karena masalah keuangan tidak menjadi keseharian anak-anak, tidak seperti orang dewasa. Dengan memanfaatkan waktu belajar dan bermain, pendidikan keuangan bisa masuk ke kehidupan sehari-hari anak," ujar Bianto Surodjo, Direktur Retail Banking Bank Permata di Kantor Pusat Bank Permata, Kamis (30/7/2015).

Pelatihan keuangan bagi anak-anak tersebut meliputi permainan dan edukasi melalui aplikasi, permainan edukatif, dan cerita. Sehingga, anak dapat menangkap materi yang diajarkan dengan mudah. Kemudian, ia dapat mentransfer pengetahuan yang diperoleh kepada teman-temannya. Model pelatihan dengan permainan pun sesuai dengan fakta bahwa anak memiliki hak untuk bermain dan belajar.

"Bermain itu penting bagi proses belajar, karena bermain memungkinkan terjadinya whole-brain learning yang melibatkan otak kiri dan otak kanan serta mengembangkan pemikiran abstrak anak. Bermain juga memanjangkan rentang perhatian anak, karena ketika bermain anak merasa senang sehingga betah dengan apa yang tengah dilakukan," jelas Vera Itabiliana Hadiwidjojo Psi, seorang psikolog anak, dalam kesempatan yang sama.

Program Permata Bankir Cilik ini melibatkan 40 orang siswa yang berasal dari delapan sekolah dasar yang berada di sekitar lingkungan kantor pusat Bank Permata, seperti Karet, Kuningan, Menteng, dan Pondok Aren, dengan berperan sebagai Duta Menabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com