Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperempat Warga Inggris Memilih untuk Makan Sendirian

Kompas.com - 01/10/2015, 19:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Aktivitas makan bersama sahabat, keluarga, atau rekan kerja menjadi aktivitas yang amat menyenangkan. Akan tetapi, tampaknya hal ini tidak dianggap demikian oleh warga Inggris. Sebab, sebuah survei menemukan bahwa ada cukup banyak warga Inggris yang memilih untuk makan sendirian.

Mengutip situs The Sun, studi terbaru tersebut mengungkapkan bahwa lebih dari seperempat warga Inggris memilih untuk makan sendirian ketimbang bersama sahabat atau keluarga. Selain itu, jajak pendapat yang dihelat tahunan terhadap 5.000 orang responden tersebut menemukan pula bahwa masyarakat Inggris lebih memilih untuk menyantap kudapan cepat ketimbang makanan berat.

Survei tersebut dilakukan untuk mengetahui kebiasaan makan yang dilakukan oleh masyarakat Inggris. Menurut riset, 27 persen responden menikmati sarapan, makan siang, dan makan malam mereka sendirian setiap hari. Hal ini pun mencerminkan kehidupan sosial para responden pula, sebab 78 persen responden diketahui jarang atau tidak pernah mengundang teman atau keluarga untuk makan bersama di rumah.

Padahal, makan bersama memiliki beragam manfaat, salah satunya adalah memungkinkan terjadinya komunikasi dan ikatan antar anggota keluarga. Makan bersama secara rutin juga memberikan kesempatan untuk saling terikat, terhubung, dan berkomunikasi dengan cara menceritakan kegiatan sehari-hari.

Bagi anak-anak, kegiatan makan bersama pun memiliki serangkaian manfaat. Waktu makan bersama keluarga adalah kesempatan yang amat baik untuk mengajarkan anak tentang tata krama di meja makan, etiket kala makan, dan keterampilan sosial. Di samping itu, sebuah riset menemukan bahwa anak-anak yang makan bersama keluarga memiliki prestasi akademik yang lebih baik di sekolah. Selain itu, remaja yang makan bersama keluarga setidaknya empat kali dalam seminggu menunjukkan performa akademik di atas rata-rata.

Makan bersama keluarga di rumah pun lebih menyehatkan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan terpenuhi, sebab makanan yang dimasak sendiri cenderung lebih bersih dan menyehatkan. Tak hanya itu, makan bersama di rumah pun memungkinkan Anda untuk lebih menghemat pengeluaran ketimbang makan di restoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com