Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Tahu Celana Jeans yang Berkualitas Baik dan Buruk?

Kompas.com - 09/10/2015, 10:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com –
Celana jeans merupakan salah satu koleksi busana yang sangat digemari oleh pria dan wanita. Seiring waktu, celana jeans bisa dikenakan di sejumlah acara, formal dan non-formal. Namun, kenyataannya tidak mudah dalam memiliki celana jeans dengan kualitas terbaik.

Celana jeans yang telah hadir di pasaran, seperti kita ketahui dijual dalam berbagai tingkat harga, mulai dari yang paling murah, biasanya dibanderol dengan harga ratusan ribu rupiah, hingga paling tinggi, yang dibanderol dengan harga jutaan rupiah.

Selain model, tentunya bahan jeans dengan kualitas tinggi yang mempengaruhi harga jual busana tersebut. Lantas bagaimanakah membedakan jeans dengan kualitas yang baik dan tidak? 

Menurut Jill Lawrence, Fabric Consultant dari Inggris untuk RA Jeans, masalah yang paling utama dari celana jeans adalah sulit untuk diketahui apakah bahan yang digunakan berkualitas terbaik atau tidak, secara kasat mata.

"Masalahnya, ada celana jeans yang modelnya bagus, fashionable, harga mahal, tapi ternyata kualitasnya buruk," ujar Lawrence.

Untuk itu Lawrence yang ditemui dalam peluncuran RA Jeans di Egome, Gunawarman, Jakarta, Jumat (8/10/2015), menyarankan Anda untuk menyentuh dan merasakan bahan dari celana jeans tersebut.

Celana jeans dengan kualitas baik akan terasa nyaman dan halus saat disentuh, sama seperti bahan tekstil yang lain, misal katun atau rayon, yang juga dapat dibedakan lewat sentuhan.   

Bahan celana jeans dengan kualitas tinggi biasanya cenderung bewarna gelap. Sebab, menurut Lawrence, celana jeans bewarna pucat sudah melalui tahap bleaching yang cukup banyak dan membuat bahan menjadi tipis, serta lebih rentan rusak. Saat ini, kata Lawrence, telah muncul inovasi celana jeans seperti bahan antibakterial yang membuat celana memiliki kualitas jaminan mutu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com