Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Ingin Cepat Tua? Tidurlah dengan "Make Up" Setiap Malam

Kompas.com - 28/12/2015, 21:02 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

Sumber allure.com


KOMPAS.com –
Memang benar, cuci muka dan membersihkan riasan wajah sebelum tidur itu sangat merepotkan. Tak ayal, ritual ini malah jadi membuat waktu tidur malam berkurang.

Sebab, umumnya, mencuci wajah di malam hari justru membuat Anda segar dan jadi susah tidur.

Namun, betapa pun menjengkelkannya, luangkan waktu 15 menit untuk mencuci muka dari riasan yang telah menempel seharian sehingga menciptakan tumpukan kotoran di wajah.

“Kerusakan dan potensi berjerawat sangat tinggi pada wanita yang malas membersihkan make up sebelum tidur. Sebab, tidur dengan make up menempel hanya akan menciptakan ‘sarang’ kuman di wajah,” sebut Jeanette Graf PhD, Asisten Profesor Dermatolog di Mount Sinai Medical Center, New York, Amerika Serikat.

Dr Graf menjelaskan bahwa kulit di malam hari melakukan regenerasi, sehingga adanya riasan di wajah hanya akan menghambat proses tersebut. Alhasil, jika terus berlanjut selama bertahun-tahun, Anda akan mengalami penuaan dini karena kulit kusam dan rusak.

Selain itu, dr Graf memaparkan, tidur dengan lipstick masih teraplikasi di bibir akan membuat bibir Anda sering mengalami pecah-pecah dan kering.

Oleh karena itu, dr Graf menganjurkan, jangan setengah-setengah dalam membersihkan wajah. Pastikan seluruh riasan wajah terangkat secara menyeluruh sebelum Anda terlelap dan tidur hingga pagi hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com