Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata-kata Terbaik dan Terburuk untuk Surat Lamaran

Kompas.com - 31/05/2016, 06:33 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.COM -- Saat menulis surat lamaran, tidak dapat dipungkiri bahwa pemilihan kata memiliki andil besar dan dapat menentukan kesempatan Anda. Gunakan kata yang salah, bisa jadi Anda tidak mendapat panggilan walaupun sebenarnya Anda memiliki potensi besar.

Baru-baru ini, KickResume, sebuah blog mengenai karier mengunggah infografis berdasarkan hasil riset mereka terhadap 2.200 manajer Human Resource Department (HRD).

Ternyata, banyak kata-kata populer yang dianggap klise. Manajer-manajer ini sudah terlalu banyak membaca kalimat yang sama sehingga mereka merasa capek sebelum sampai ke akhir surat lamaran.

Kata-kata tersebut adalah: yang terbaik di bidangnya, berpikir unik, sinergi, terpercaya, pemain tim, pekerja keras, dinamis, peduli dengan detail, termotivasi, dan lain-lain.

Sementara itu, ada beberapa kata yang dianggap terbaik untuk ditulis dalam surat lamaran, yaitu: mencapai, meningkatkan, melatih, mengatur, menciptakan, menyelesaikan, bervolunter, mempengaruhi, menaikkan/menurunkan, ide, negosiasi, meluncurkan, keuntungan, di bawah budget, dan memenangkan.

Apakah Anda menemukan motifnya? Ya, sebagian besar dari kata-kata terbaik menggunakan kata kerja dibandingkan kata sifat seperti yang terdaftar sebagai kata-kata terburuk.

KickResume menyarankan Anda untuk mendeskripsikan secara spesifik keberhasilan Anda dibandingkan menggunakan kata-kata yang memuji diri sendiri.

Pastikan juga bahwa kata-kata yang Anda pilih adalah yang paling sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com