Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2016, 08:37 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.COM -- Tahukah Anda bahwa ada kata cantik untuk barang bermerek yang dijual kembali? Kita tidak sedang berbicara mengenai “preowned” atau “secondhand”, namun “preloved”.

Secara harfiah, kata “preloved” dapat diartikan sebagai “pernah dicintai”, sebuah kata yang sempurna untuk barang bermerek yang pernah menjadi kesayangan pemiliknya.

Pada hari Jumat (3/5/2016), Kompas.com menemui tim Hunt Street, sebuah ritel online terkemuka di Indonesia untuk barang-barang bermerek yang dijual kembali, di kantor Hunt Street, Menteng, Jakarta.

Bagi Hunt Street, kata “love” sangatlah penting untuk menjelaskan status dan kondisi barang yang dijual, misalnya “loved” untuk barang dengan guratan atau goresan yang terlihat dan “well-loved” untuk barang menunjukan tanda-tanda signifikan seperti perubahan warna.

Justine Widjojo, Chief Operating Officer, dan Mario Bachtiar, Creative Director, menjelaskan bahwa penggunaan kata “preloved” memang sudah umum digunakan di kalangan penjual dan pembeli barang mewah bekas pakai.

Widjojo berkata, “di Singapura atau Amerika, mereka lebih menyukai kata “pre-owned” yang lebih objektif, tapi kalau di Indonesia, kata ini – preloved - memang sangat umum digunakan oleh masyarakat.”

“Saya rasa, mengapa orang Indonesia suka menggunakan pre-loved itu karena adanya konotasi bahwa [produk tersebut] pernah disayang. Jadi mereka mencari pemilik baru yang bisa menyayangi barang tersebut,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com