Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2016, 19:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber Parenting

 

KOMPAS.com – Dari tahun ke tahun, mudik selalu menjadi momok bagi para ibu yang memiliki anak bayi. Apalagi bila dia harus mudik menggunakan jalan darat, bisa dipastikan bahwa persiapan agar bayi merasa nyaman di perjalanan sangatlah banyak.

Namun, yang terpenting adalah tidur. Sebab, kurangnya tidur membuat bayi menjadi rewel sehingga suasana perjalanan menjadi kurang menyenangkan.

Untuk itu, simak beberapa tip ketika Anda melakukan perjalanan mudik dengan bayi:

1. Tetap buat bayi merasa aman dan nyaman

Anda bisa melakukan ini dengan mengikuti waktu tidur siang yang sama sesuai rutinitasnya di rumah. Selain itu, jangan lupa bawa buku favoritnya, mainan, selimut, terutama hal-hal yang berkaitan dengan tidurnya, sehingga membuatnya tetap nyaman.

2. Kegiatan di luar ruangan

Jika memungkinkan, saat Anda sampai di kampung halaman nanti, usahakan melakukan kegiatan di luar rumah pada siang harinya. Hal ini bertujuan untuk membantu bayi Anda cepat lelah dan tertidur di malam hari.

3. Membeli box tidur untuk perjalanan.

Box tidur ini tentu akan memberikan kenyamanan yang lebih untuk bayi ketika tidur di perjalanan.

4. Membawa perangkat untuk meredam kebisingan

Jangan lupa membawa sebuah perangkat yang bisa meredam kebisingan ketika bayi tertidur. Seperti halnya perdengarkan musik dengan alunan yang tenang, sehingga suara mesin mobil, atau suara lainnya di perjalanan tidak mengganggu tidur sang anak.

5. Rencanakan lebih awal

Rencanakan masak-masak kegiatan sehari-hari Anda begitu sampai di kampung halaman. Setidaknya biarkan si kecil tidur ketika siang dan malam hari, baik di rumah maupun ketika di perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com