Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2016, 17:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com — Perhelatan Jember Fashion Carnaval (JFC) 2016 ditutup secara sempurna dengan penampilan salah seorang peserta dengan tema barong.

Barong bali yang dikemas ke dalam sebuah kostum kreatif ini merupakan simbol yang dapat menyemangati kebangkitan seni budaya Indonesia. 

"Barong yang dilihat dari dulu sampai sekarang keberadaannya masih dijaga sesuai konten dan keberadaannya," tutur Founder JFC, Dynand Fariz, saat ditemui di workshop miliknya, Sabtu (27/8/2016) kemarin.

Barong dihadirkan sebagai penutup acara setelah menampilkan lebih dari 20 kostum dan tarian dari peserta JFC.

Menurut penonton asal Jakarta, Oddy Sutrisno, penutupan peragaan dengan kostum barong begitu mengagumkan.

"Kalau kostum barongnya bagus karena kan ini sudah taraf internasional," ujarnya. 

Akan tetapi, penonton pun menyayangkan karena pada saat penutupan, hujan mengguyur deras. Namun, untungnya hal ini tidak mematahkan semangat penonton yang tetap berdiri untuk melihat para peserta melalui lintasan. 

JFC sendiri, seperti yang diakui Dynand, tidak ingin mengubah pandangan masyarakat terhadap barong. Menurut dia, JFC justru ingin meningkatkan pandangan terhadap budayanya. 

“Ini adalah proses kreatif. Dalam kostum barong harus tetap ada rohnya barong. Harus ada perubahan kemasannya, tetapi tidak mengubah budayanya," kata Dynand.

Seiring dengan perubahan global yang demikian cepat, kesenian budaya Indonesia yang bernilai ini juga dapat dilestarikan melalui transformasi yang bijak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com