Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan Buruk yang Anda Lakukan Pada Wajah

Kompas.com - 14/10/2016, 06:14 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Banyak orang yang sebenarnya memiliki usia relatif muda namun sudah memiliki banyak permasalahan kulit, termasuk penuaan dini.

Menurut Dr Julian De Silva, penuaan terjadi pada semua orang. Akan tetapi, gaya hidup tertentu dapat dengan mudah untuk mempercepat penuaan dini pada kulit Anda.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang membuat wajah Anda terlihat lebih tua:

1. Kurang tidur

Seharusnya, setiap orang mendapatkan istirahat untuk tidur selama delapan jam dalam satu hari. Tidur sangat penting karena hormon stres turun ke tingkat normal di malam hari dan memberikan waktu untuk memperbaiki sel dan meremajakan kulit.

2. Merokok

Sebaiknya Anda berhenti atau mengurangi konsumsi rokok dengan batasan tidak lebih dari lima batang dalam sehari. Bahkan, lebih baik lagi jika Anda bisa berhenti.

Sebab, merokok dapat memberi tekanan pada seluruh tubuh karena rokok mengandung ramuan karbon monoksida, sianida, tar, formaldehida dan bahan kimia yang beracun lainnya lainnya.

Lihatlah perubahan yang signifikan setelah berhenti merokok selama enam bulan.

3. Kurang olahraga

Lakukan olahraga ringan untuk meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membuat wajah Anda tampak lebih muda.

4. Menggunakan riasan wajah saat tidur

Menggunakan riasan wajah saat tidur bisa menyebabkan banyak masalah pada kulit akibat racun yang dapat menyerang pori-pori Anda.

5. Menggunakan terlalu banyak produk

Sabar, ketika menggunakan produk untuk wajah, sebaiknya jangan terlalu banyak menggabungkan beragam produk. Hal ini bisa memicu iritasi dan penuaan pada kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com