Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Waktu Terbaik untuk Menulis “E-mail” Penting

Kompas.com - 25/11/2016, 16:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Mengirimkan e-mail atau surat elektronik ternyata tidak bisa dilakukan kapan saja, setidaknya bila Anda ingin menulisnya dengan sempurna.

Menurut sebuah studi oleh Grammarly, situs yang memberikan layanan mengoreksi naskah, ada jam-jam tertentu yang menghasilkan surat elektronik berkualitas optimal.

Hasil tersebut ditemukan setelah Grammarly menganalisis lebih dari satu miliar kata yang ditulis oleh penggunanya dan ternyata, waktu terbaik untuk menulis surat elektronik adalah antara pukul 13.00 hingga 17.00.

Pada jam-jam setelah makan siang tersebut, kemungkinan Anda membuat kesalahan dalam menulis surat elektronik paling sedikit.

Selain itu, Grammarly juga membagi penggunanya menjadi dua kelompok, kelompok pagi hari yang menulis surat elektronik antara pukul 04.00 hingga 08.00 dan kelompok malam hari yang menulis surat elektronik pada pukul 22.00 hingga 02.00.

Ternyata, kelompok malam hari membuat 66 persen lebih banyak kesalahan bila dibandingkan dengan kelompok pagi hari.

Grammarly menjelaskan, menulis surat elektronik membutuhkan lebih banyak etika daripada media sosial yang lebih santai. Akibatnya, orang-orang tiga kali lipat lebih sering membuat kesalahan ketika menulis surat elektronik daripada status di media sosial.

Bila Anda harus mengirimkan surat elektronik yang penting, lakukanlah sekarang juga sebelum melewati jendela optimal yang disebutkan di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com