Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Pengasuhan Anak Juga Butuh "Gotong Royong"

Kompas.com - 19/01/2017, 11:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Pada umumnya, hampir semua orangtua memiliki cara pengasuhan idealnya masing-masing sehingga kerap kali bersikap disiplin tanpa melihat dunia luar.

Namun, Najelaa Shihab, pendidik sekaligus pendiri Keluarga Kita, menjelaskan bahwa pengasuhan sebenarnya adalah urusan bersama-sama.

“Jadi pengasuhan itu sebenarnya urusannya sama-sama. Sebab, kalau pun saya sudah jadi orangtua yang baik untuk anak saya, itu bukan jaminan kalau anak saya akan tumbuh dengan baik,” ujar Najelaa dalam diskusi parenting dalam acara mencari amang di Sekolah Dolanan Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Dia melanjutkan, pertumbuhan anak pada dasarnya dipengaruhi oleh orangtua dan juga anak lainnya.

“Pengasuhan bukan hanya soal orangtua dan anaknya sehingga lebih baik membahasnya bersama-sama agar bisa menjadi pengalaman dan pembelajaran satu sama lainnya,” jelas Najelaa.

Dia pun mengusulkan orangtua untuk saling menguatkan dan membuat jaringan dengan orangtua lainnya.

Melalui jaringan ini, orangtua tidak harus mengandalkan diri sendiri, tetapi bisa meminta tolong orangtua lainnya.

“Contoh paling sederhana, saya sudah menerapkan makanan sehat sama anak, dia datang ke sekolah, terus lihat anak-anak lain bawa makanan yang nggak sehat, kan dia jadi ingin coba juga,” urainya.

Untuk itu, pengasuhan merupakan urusan bersama agar orangtua bisa terus belajar dan saling bertukar pengalaman. Dengan demikian, orangtua secara bersama-sama mendapatkan anak yang dapat tumbuh dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com