Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Cara Elegan Tolak Undangan Pernikahan Rekan Kerja

Kompas.com - 07/02/2017, 15:04 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Sebagai manusia yang bersosialisasi, pasti Anda sering menerima undangan dari orang-orang yang tidak terlalu dekat seperti acara ulang tahun kerabat jauh atau pernikahan rekan kerja yang di luar kota.

Jawaban untuk setiap undangan sebenarnya hanya ada dua pilihan: menerima atau menolaknya.

Tentu saja tidak ada masalah kalau Anda memang berkeinginan untuk datang ke undangan tersebut. Namun, yang paling membingungkan adalah ketika Anda tidak ingin pergi, tetapi merasa tidak enak untuk menolaknya.

Simak beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan solusi terbaik:

Cobalah menolak dengan sopan

Sebaiknya Anda menolaknya secara jujur dan mengatakannya dengan tulus, saran Ashley Dunson, seorang profesional penyelenggara acara di Birmingham, Alabama.

Cara menolak bisa bermacam-macam. Terkadang, sekadar mengatakan bahwa Anda sudah ada acara bisa berhasil, tetapi Dunson menyarankan untuk menambahkan sedikit impresi bahwa Anda tertarik seperti ”Saya sebenarnya ingin hadir, hanya saja saya berhalangan datang. Saya tunggu ceritanya ya.”

Berterima kasih kepada rekan yang mengundang Anda

Seorang psikolog klinis di Chicago, Helen Odessky, PsyD menyarankan Anda untuk berterima kasih atas undangan ke acara tersebut walaupun Anda tidak bisa menghadirinya.

Hal ini adalah salah satu bentuk menghargai teman dan menunjukkan bahwa Anda peduli dan menghargai ajakannya. Untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi, tanyakan bagaimana kesuksesan acara tersebut jika Anda bertemu lagi dengannya.

Segera memberikan respons

Kalau Anda berniat menolak undangan tersebut, sebaiknya batalkan dari jauh-jauh hari. Jangan menunggu terlalu dekat dengan waktunya untuk menolak. Dengan begitu, mereka bisa mengundang orang lain atau mencari alternatif rencana lainnya, tambah Odessky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com