Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Masker yang Sedang Tren Ini Bisa Rusak Kulit Anda

Kompas.com - 08/03/2017, 11:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Akhir-akhir ini, semua orang di media sosial sedang tergila-gila dengan masker wajah yang berwarna hitam atau charcoal face mask.

Masker yang tidak dicuci, tetapi dikupas dari wajah ini dipercaya dapat membersihkan pori-pori wajah secara mendalam.

Namun, para ahli perawatan kulit ingin memperingatkan Anda bahwa masker tersebut dapat merusak kulit Anda.

Andy Millward, seorang facialist memperingatkan bahwa penggunaan masker ini dapat merobek lapisan permukaan kulit.

“Masker ini terlihat sangat merusak kulit. Pada dasarnya, masker ini merusak lapisan teratas permukaan kulit, jadi tentu akan terasa lembut dan halus di bawahnya,” kata Millward.

Dia melanjutkan, memang masker ini bertujuan untuk menarik komedo yang ada di kulit, tetapi pengupasan tersebut juga menarik sebagian besar minyak baik yang ada pada kulit. Akibatnya, kulit menjadi kekurangan minyak dan iritasi.

Pernyataan Millward ini disetujui oleh Dr Yannis Alexandrides. Dermatolog tersebut juga khawatir dengan penggunaan masker tersebut.

“Pada dasarnya masker ini mengambil lapisan kulit teratas sehingga kulit terasa halus setelah menggunakannya. Namun, lapisan teratas sebenarnya memiliki fungsi untuk menjaga kulit dan mencegah masuknya bakteri,” kata Dr Yannis.

Kemudian, seorang Dermatolog asal California, Christine Choi Kim, juga bersuara. Dia menjelaskan bahwa campuran arang dan lem bisa menyumbat pori-pori.

“Tipe kulit sensitif dapat mengelupas dan mengalami ruam karena hilangnya lapisan pelindung pada kulit,” kata Christine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com