Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Akibatnya Bila Orangtua Selalu Belikan Apa yang Anak Minta

Kompas.com - 09/03/2017, 15:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Memiliki buah hati merupakan anugrah terbesar yang diberikan Tuhan sehingga orangtua harus sekuat tenaga menjaga anak-anak mereka.

Namun, terkadang terlalu sayangnya orangtua malah menghambat tumbuh kembang anak.

“Orangtua seharusnya mendidik anak, tapi sayangnya kebanyakan orangtua malah membuat anak terbiasa mendapatkan semua yang diinginkan. Nah, seharusnya jangan seperti itu,” ujar Dra A Kasandra Putranto, Psikolog, beberapa waktu lalu di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Dia melanjutkan, anak seharusnya dibiasakan untuk selalu berusaha ketika ingin mendapatkan sesuatu. Ketika barang yang dimilikinya sudah rusak misalnya, sebaiknya jangan langsung diberikan barang baru lagi.

Lalu, seorang anak yang sudah terbiasa diperbolehkan untuk melakukan dan mendapatkan apa pun, akan terbentuk menjadi pribadi yang doyan belanja dan berpotensi kecanduan belanja.

Maka dari itu, Kasandra pun berharap agar orangtua bisa lebih berhati-hati dalam mendidik anak sejak kecil. Biasakan anak untuk mengontrol diri saat berbelanja dan berusaha untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

“Anak-anak pasti bisa karena dibiasakan. Nah, kelemahan orang tua itu tidak bisa memberikan contoh terhadap anak,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com