Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntutan Ini yang Sebabkan Banyak Ayah Ibu Modern Makin Stres

Kompas.com - 11/03/2017, 09:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Gaya berumahtangga zaman sekarang berbeda dengan puluhan tahun lalu di mana ibu mengurus keluarga di rumah dan ayah bekerja di kantor.

Sekarang, kebutuhan hidup yang semakin tinggi menuntut peran orangtua mengalami pergeseran, yakni ayah dan ibu sama-sama mencari nafkah untuk keluarga.

Kondisi ini otomatis menciptakan ketidakseimbangan antara waktu bekerja dan waktu keluarga.

Namun, tuntutan agar orangtua modern tetap menjaga proporsi bekerja dan keluarga tetap seimbang acap kali menciptakan tekanan hidup sehingga berujung pada stres.

Sebenarnya, apakah mustahil menyeimbangkan karier dan keluarga secara ideal?

Linda Duxbury, seorang profesor di Ottawa’s Carleton University, mengatakan bahwa semua orangtua yang bekerja paham pada kondisi tidak ada kemewahan di mana bisa sewaktu-waktu meninggalkan kantor demi menjemput anak sekolah.

“Kita tidak bicara soal bekerja untuk hidup mewah, tetapi untuk membayar cicilan rumah, makan, pendidikan anak, dan pakaian yang nyaman,” jelas Duxbury yang juga seorang rekan penulis studi mengenai konflik pekerjaan dan keluarga.

Dia tidak setuju anggapan orangtua zaman sekarang cenderung gila kerja dan mengabaikan keluarga demi memenuhi gaya hidup berlebihan.

Sebab, faktanya, satu dari tiga keluarga di Kanada mengalami gangguan finasial hebat sehingga hidup dalam garis kemiskinan ketika ayah atau ibu tidak bekerja.

“Dua sumber penghasilan zaman sekarang nilainya sam dengan satu sumber penghasilan pada era 50-an, di mana kala itu banyak wanita yang memilih menjadi ibu rumahtangga setelah menikah,” urainya.

Tuntutan untuk hidup seimbang antara waktu dan keluarga, kata Duxbury, membuat banyak orangtua berakhir stres dalam proses merealisasikannya.

“Pada akhirnya manusia akan melakukan apa yang mereka inginkan. Bahkan orangtua yang berorientasi uang bertujuan untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga mereka,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com