Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2012, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Home birth atau persalinan di rumah menjadi tradisi di pedesaan lebih karena faktor sosial, selain tempat tinggal mereka jauh dari sarana kesehatan atau tidak ada alat transportasi untuk menjangkau sarana kesehatan.

Meski begitu, tren home birth di perkotaan juga mengalami peningkatan. Hal ini diakui bidan, praktisi, trainer, hypnobirthing Indonesia dan penggiat gentle birth, Yesie Aprilia, SSi.T, MKes.

Home birth diminati karena memberikan rasa nyaman. Dengan melahirkan di rumah, ibu sangat familiar dengan kondisi lingkungan melahirkannya, ia juga dikelilingi orang-orang yang dicintainya, sekaligus bebas memilih dengan siapa saja ia ingin ditemani, apakah suami, orangtua, keponakan, dan lainnya.

Kenyamanan adalah hal utama dalam kelancaran persalinan. Sistem tubuh akan berjalan lebih baik di saat kondisi nyaman. Agar melahirkan di rumah berlangsung aman dan lancar, berikut beberapa rambu yang perlu diperhatikan.

1. Cari praktisi yang baik.
Pilihlah bidan atau dokter yang berpengalaman menolong persalinan di rumah, khususnya yang menguasai hypnobirthing dan mengerti filosofi gentle birth.

Bidan yang berpengalaman akan membawa peralatan yang diperlukan dan persediaan untuk melakukan tindakan awal saat terjadi keadaan darurat seperti peralatan resusitasi bayi dan oksigen, infus, dan pengobatan untuk menghentikan pendarahan postpartum.

Akan lebih baik jika tempat tinggal dokter atau bidan tidak jauh dari rumah. Sehingga jika ibu mengalami kontraksi sebagai tanda mau melahirkan, bidan segera datang dan melakukan tindakan yang perlu dilakukan.

2. Pastikan Anda juga punya plan B.
Semua berharap persalinan di rumah berlangsung lancar. Tapi, seandainya ibu mengalami masalah ssehingga harus melahirkan di rumah sakit, pastikan rumah sakit alternatif mudah dijangkau dan ada sarana transportasi yang siap sedia mengantar ke rumah sakit, yang cepat dan aman.

3. Bersih-bersih rumah.
Bersihkan rumah Anda dan pastikan area tempat melahirkan bersih dan rapi. Pastikan ruang bersalin dekat dengan kamar mandi, sehingga memudahkan Anda pergi ke toilet.

4. Siapkan ruangan bersalin.
Pilih area yang nyaman di rumah untuk melahirkan. Pertimbangkan apakah ibu ingin suasana yang lebih pribadi, seperti kamar tidur, di mana Anda dapat melahirkan diam-diam jauh dari keributan atau publik seperti ruang tamu atau keluarga. Pertimbangkan ukuran ruang yang dipilih untuk memastikan ibu bisa melakukan mobilisasi secara bebas.

Pemilihan ruang juga tergantung pada berapa banyak bidan yang dihadirkan. Kamar yang kecil dengan cepat bisa panas dan penuh sesak. Sementara idealnya ruangan harus hangat untuk menyambut kedatangan bayi.

5. Ciptakan suasana nyaman.
Kumpulkan aksesori yang membuat nyaman seperti lilin pengharum, tirai tebal untuk menghalangi sinar matahari, dan musik yang menenangkan. Sebuah CD kompilasi atau MP3 yang menghibur akan memberikan suasana santai dan rileks selama proses melahirkan. Jika perlu siapkan CD panduan relaksasi hypnobirthting untuk melahirkan nyaman.

6. Siapkan energi.
Siapkan makanan yang sehat, bergizi dan mudah dicerna untuk dikonsumsi selama proses persalinan. Ini akan membantu menjaga energi Anda selama persalinan.

7. Dukungan keluarga dan energi tenang.
Dukungan keluarga dapat memberi energi ketenangan yang bermanfaat demi kelancaran persalinan. Jika Anda dan suami tenang, tapi orangtua, sanak saudara, dan orang di sekitar panik, maka ini akan sangat "merusak" pola energi yang positif pada prosses persalinan Anda.

(Tabloid Nakita/Hilman Hilmansyah)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com