Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2013, 09:37 WIB

KOMPAS.com - Para perancang busana Indonesia semakin banyak memperoleh kesempatan untuk memamerkan karyanya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Jika belum mampu menggelar peragaan tunggal, mereka bisa bergabung dalam festival fashion atau pekan mode yang semakin banyak jumlahnya. Sebutlah Jakarta Fashion Week (JFW), Indonesia Fashion Week (IFW), Indonesia Islamic Fashion Fair, atau Jakarta Fashion & Food Festival. Pekan mode semacam ini bahkan memberi kesempatan pada perancang muda di level mahasiswa.

Boleh dibilang, di ajang seperti inilah mereka membuktikan apakah karya mereka diterima oleh masyarakat. Pencapaian mereka belum selesai hanya dengan menerima tepukan tangan dari pada undangan di ajang mode tersebut. Selanjutnya, bagaimana mereka membuat masyarakat luas mampu mencintai dan membeli produk fashion lokal adalah pencapaian mereka sesungguhnya. Dan, idealnya mereka tidak hanya melayani kalangan atas, tetapi juga kelas menengah.

Setelah terbukti mampu menyelenggarakan pekan mode secara profesional, dan menjual produk kepada secara lokal, tantangan selanjutnya adalah memasuki pasar dunia. JFW, misalnya, melalui tema yang diangkatnya tahun ini, "Indonesia Today, The World Tomorrow", bersiap membawa produk mode Indonesia ke pasar mode dunia. Event terakhir juga dikunjungi beberapa buyer dan retailer terkemuka dari Amerika dan Asia, seperti Neiman Marcus, Harvey Nichols, ASOS, Shinsegae, dan lain-lain.

Berita terkait:

- Desainer yang Paling Sering Dibicarakan
- Hair Show di Panggung Mode JFW 2013
- Desainer Indonesia di Fashion Week Dunia
- Produk Lokal Go Global Lewat Fashion Forward
-JFW 2013 Diperpanjang Hingga Senin 12 November
- Basuki Grogi Hadiri Jakarta Fashion Week
- Jakarta Fashion Week 2013 Resmi Dibuka
- Antusiasme Sambut JFW 2013 Lewat Social Media
- Jakarta Fasion Week 2013 Janjikan Perhelatan Termegah
- Buyer dari ASOS dan Shinsegae Akan Hadir di JFW
- Desainer Indonesia Pameran di Isetan
- JFW 2013 Perbanyak Fashion Muslim
- Jakarta Fashion Week Gelar Kompetisi Pencarian Model
- Ingin Jadi Perias Model di Jakarta Fashion Week 2013

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com