Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2013, 12:42 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Kecanggihan era digital justru semakin meningkatkan perasaan malu perempuan saat harus tampil di depan berbagai perangkat digital. Utamanya kamera foto dan video. Alhasil, perempuan melakukan berbagai cara agar tetap terlihat sempurna bahkan dari foto yang mereka pamerkan sendiri di dunia maya.

Penelitian Global Dove mengungkapkan foto-foto digital meningkatkan perasaan malu perempuan di depan kamera. Rasa malu ini muncul lantaran perempuan kerap mengkritik keras penampilannya, merasa tak percaya diri dengan penampilannya karena konsep diri yang negatif.

Fakta yang muncul dari penelitian ini di antaranya dari sebuah foto dirinya, muncul kekhawatiran dalam diri perempuan mengenai penampilannya.

Misalnya, foto pribadi yang perempuan positng di jejaring sosial, jika mendapatkan label tertentu akan membuat 50 persen perempuan merasa khawatir akan penampilan mereka.

Kemudian, rasa malu ini membuat perempuan melakukan sejumlah hal terhadap foto dirinya, terutama jika sudah berkaitan dengan media sosial di dunia maya.

Hampir setengah atau 46 persen perempuan kemudian menghilangkan label,  membuang, atau menghapus foto mereka sendiri untuk mengatasi ketidakpercayaan diri ini.

Hal lain yang dilakukan perempuan demi menghilangkan kekhwatiran akan penampilan adalah meng-edit foto sebelum mempostingnya di dunia maya. Sekitar 41 persen perempuan melakukan sesuatu pada foto untuk memperbaiki penampilan mereka sebelum memposting di dunia maya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com