Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Rewel Bukan Pertanda Memiliki Temperamen Sulit

Kompas.com - 08/09/2013, 19:38 WIB
Deasy Syafrina

Penulis

Kompas.com- Sering menangis atau rewel tidak selalu menunjukkan bayi memiliki temperamen yang tinggi, sebab kondisi ini juga bisa dikarenakan hal-hal berikut.

Merasa tak nyaman

Bayi juga bisa menangis karena berbagai hal. Contoh: ia haus atau lapar, suhu udara yang terlalu dingin atau panas, dan berbagai situasi tak nyaman lainnya. Cobalah mencari sumber ketidaknyamanan tersebut.

Kolik

Umumnya di bulan-bulan pertama bayi sering menangis atau rewel tanpa diketahui penyebab yang jelas. Padahal, Anda telah berusaha mencari sumber masalah, entah itu popok basah dan ketidanyamanan lain yang mungkin dirasakannya. Selain menangis, ia juga tampak mengepalkan tangan serta badannya seperti tegang. Upaya yang bisa dilakukan adalah membuat ia merasa nyaman, salah satunya menggendong. Biasanya, setelah usia 4 bulan menangis karena kolik ini akan berhenti.

Ada kendala kesehatan

Rewel juga bisa dikarenakan bayi mengalami masalah kesehatan, terutama bila disertai tumbuh-kembang yang terhambat. Bila hal ini terjadi, segera periksakan pada ahlinya.

Sumber : nakita / Hilman Hilmansyah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com