Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengunggah Foto "Selfie" Bukti Rasa Percaya Diri?

Kompas.com - 19/09/2013, 10:30 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis


KOMPAS.com
- Selfie, kegiatan memotret ekspresi wajah atau outfit yang kita pakai hari ini dengan smartphone lalu mengunggahnya ke media sosial, belakangan semakin tren saja. Selfie ternyata bisa menjadi cara untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Selfie sebenarnya merupakan akronim dari self-portrait. Konon selfie sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan semakin tren di era maraknya gadget dengan kemampuan kamera yang canggih.

Meski sebagian orang mencibir selfie sebagai kegiatan orang narsis, namun menurut fotografer Tommy Siahaan, dengan rutin mengabadikan diri sendiri kita bisa mengetahui bagian tubuh mana yang menjadi kelebihan kita.

"Foto selfie itu sering kali dipakai untuk menunjukkan rasa percaya diri. Tanpa disadari mereka juga menginginkan komentar atau pujian dari orang yang melihatnya," ujar pria yang sudah menggemari dunia fotografi sejak usia 12 tahun ini.

Kebanyakan orang terutama wanita yang sudah merasa memiliki angle andalan sehingga selalu difoto dalam pose yang sama. Padahal, dengan mengekplorasi angle lain mungkin malah bisa menunjukkan kecantikan sebenarnya.

"Banyak wanita yang sudah merasa nyaman dengan angle tersebut tidak mau mencoba posisi yang lain," katanya saat berbincang dengan KompasFemale di sela acara Dove Real Beauty Movement di Jakarta, Rabu (18/9/13).

Saat ditanya apakah ada trik khusus agar perempuan bisa terlihat lebih cantik saat difoto, Tommy berkata, tiap orang memiliki keunikannya sendiri. Asalkan ia sudah percaya diri, maka kecantikannya akan terpancar.

"Kalau ia sudah merasa nyaman dengan kelebihan yang dimiliki, secara natural kecantikannya akan keluar Tanpa harus ambil angle atau pencahayaan yang mendukung," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com