Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2013, 11:22 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis



KOMPAS.com –
Tak ingin kuku tampil polos, banyak wanita yang menghias kukunya dengan beberapa warna cat kuku. Tetapi jangan lupa melakukan perawatan agar kuku tidak menjadi kuning dan rapuh.

Menurut Nail Artist, Sabrina Tan, kebanyakan wanita masih salah dalam membersihkan cat kuku. Cat kuku biasanya dihapus dengan gerakan memutar, padahal cara tersebut keliru.

“Yang benar kalau membersihkan kuku itu yaitu pakaikan cairan pembersih kuku di kapas lalu diamkan di atas kuku selama beberapa detik dan mulai mengusapnya dengan arah atas ke bawah. Lakukan dengan gerakan yang sama secara perlahan sampai cat kuku terangkat,” katanya ketika ditemui di acara peluncuran theBalm Instain di Jakarta, Kamis (26/9/13).

Setelah cat kuku terangkat bersih, diamkan sejenak lalu berikan cuticle oil (minyak pelembab untuk kuku dan kutikel). Gunanya agar kuku Anda mendapatkan nutrisi dan bisa bernapas sebentar.

Supaya kuku tidak mudah menjadi kuning, selalu oleskan base coat sebelum menggunakan cat kuku. Beberapa produk cat kuku mengandung bahan-bahan yang bisa menguningkan permukaan kuku.

Agar kuku tidak mudah patah, sebaiknya kuku tidak terlalu panjang. Perawatan ekstra juga harus diberikan jika Anda senang menggunakan kuku sambungan (nail extention).

Sesekali lakukan spa kuku, terutama jika Anda sering melakukan nail art, baik dengan melukis atau menempelkan stiker aneka motif. Bila dilakukan secara teratur, spa kuku akan membuat kuku lebih sehat, bersih, dan kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com