Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Pakai Pelembab, Mengapa Kulit Masih Kering?

Kompas.com - 11/10/2013, 15:08 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Sudah pakai pelembab, tapi kok kulit masih saja kering ya? Jangan buru-buru ganti pelembab kulit, karena mungkin saja Anda tak memperhitungkan faktor luar lainnya yang dialami sehari-hari.

"Melindungi kulit dari kekeringan tak cukup hanya dengan pelembab atau losion tubuh. Anda juga harus melakukan berbagai perawatan intensif sesuai dengan aktivitas dan juga hal-hal yang dialami lainnya setiap hari," ungkap dr Eddy Karta, SpKK, saat peluncuran Vaseline Body Serum di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Faktor apa saja yang bisa membuat kulit lebih cepat kering?

1. Udara dingin
Udara dingin bukan hanya dirasakan saat Anda ada di pegunungan atau salju. Berada di ruangan ber-AC berjam-jam akan membuat kulit Anda jadi kering. Eddy mengungkapkan ketika berada di ruangan dingin, kulit mengirimkan sinyal ke otak untuk mengurangi produksi minyak (sebum) dan keringat.

Lama-kelamaan produksi sebum akan sangat sedikit di kulit dan mengurangi juga produksi Natural Moisturizer Factor (NMF) sebagai pelembab alami kulit. Akibatnya kulit jadi kering. "Jika berada di ruangan dingin dalam waktu yang lama, sebaiknya oleskan pelembab tambahan ke kulit tiap dua jam sekali," sarannya.

2. Sinar matahari
Kalau yang satu ini Anda pasti sudah tak asing lagi. Sinar matahari dengan kandungan sinar UV A dan UV B akan merusak kulit. Pancaran sinar matahari akan mempercepat turn over rate kulit. Akibatnya bukan hanya kulit epidermis atas saja yang akan kering, tapi juga calon kulit baru juga akan berkurang kelembabannya.

3. Mandi
Kalau cuaca sedang panas, pasti Anda merasa kegerahan dan rasanya ingin mandi. Eits jangan buru-buru mandi. Mandi juga ada jadwal dan aturannya. Keseringan mandi justru akan membuat kulit jadi kering. "Mandi berlebihan akan membilas dan menghilangkan barrier sebum atau  penghambat penguapan sebum sehingga jadi lebih kering," katanya. Selain itu, mandi berlebihan juga akan memperkecil lipid antarsel.
Baca juga : Mandi Air Panas Tanpa Buat Kulit Jadi Kering

4. Gaya hidup
Beberapa gaya hidup modern sering kali tak disadari bisa membuat kulit jadi lebih kering. Gaya hidup tak sehat untuk kulit ini antara lain merokok, diet dan terlalu sering stres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com