Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada Pergelaran Busana, Selebriti Dibayar untuk Hadir

Kompas.com - 19/11/2013, 20:07 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Saat menggelar peragaan busana, para perancang dunia selalu menampilkan pertunjukan maksimal. Selain, koleksi terbaru yang memikat, kehadiran wajah-wajah populer menjadi daya tarik tersendiri. Namun nyatanya, kehadiran pesohor ini tidak gratis lho!

Selain peragaan di atas panggung catwalk, para undangan dari ‘kasta’ selebriti kerap menyajikan pemandangan penuh daya pikat tersendiri. Mereka yang duduk manis di front row atau barisan kursi penonton paling depan, merupakan individu terpilih. Selain fashion editor, biasanya diramaikan oleh para  sosialista dan selebriti yang memiliki hubungan khusus dengan sang perancang.

Pada pergelaran busana, kehadiran selebriti memiliki peran beragam, entah sekadar sebagai ‘cameo, pemanis acara, bagian dari strategi promosi, atau kemungkinan benar-benar pelanggan setia.

Penampilan mereka yang mewah dan memendarkan aura bintang, merupakan ‘pemandangan’ yang menarik untuk diamati. Meskipun mengenakan padu-padan busana serba wah, terkadang beberapa di antara mereka, sering terlihat memakai produk palsu, dan ini hanya terjadi di Indonesia saja!

Di benua Eropa dan Amerika, bahkan di Singapura sekalipun, nyaris tidak ada pecinta mode yang berani ambil risiko, terekam kamera menggunakan tas atau sepatu tiruan!

Kehadiran selebriti di perhelatan peragaan busana, bukan tanpa bayaran. Bahkan, banyak dari mereka yang memasang tarif tinggi untuk sekali kehadiran di pesta, perayaan dan acara lainnya. Mungkin, Anda berpikir betapa konyolnya bisnis ini, meskipun begitu banyak promotor dan perancang yang rela merogoh kocok lebih demi membayar mereka.

Intinya sih, masing-masing pihak sama-sama diuntungkan, selebriti memperoleh uang, penyelenggara mendapatkan publikasi.

Tetapi, beberapa desainer papan atas seperti Carolina Herrera dan Marc Jacobs, tegas-tegas menolak selebriti menduduki deretan front row pada fashion show koleksi anyar mereka. Bagi mereka, kedatangan mereka hanya buang-buang jatah kursi saja. Dua perancang busana ini, lebih memilih individu yang tulus peduli dan memahami karya busana mereka, seperti fashion editor, buyer, loyal customer dan fashion bloggers.

Berikut daftar tidak resmi, tarif kehadiran para selebriti dunia per satu acara. Ada yang berminat?

Kelas A: (tarif $60.000 - $100.000)

Rihanna, Beyonce, Mary Kate dan Ashley Olsen, Jennifer Lopez, Julianne Moore

Kelas B: (tarif $25.000 - $50.000)

Blake Lively, Leighton Meester, Hillary Duff, para pemain serial Gossip Girl

Kelas C: (tarif $25.000 - $35.000)

Kim Kardashian, Amanda Bynes

Kelas D: (gratis jika diundang)

Paris Hilton, Nicky Hilton, para pemenang kontes America's Next Top Model

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com