Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2013, 16:56 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Untuk ketiga kalinya, Indonesia Creative Week 2013 kembali digelar. Kali ini tema yang diusung adalah "Fashionation" untuk koleksi musim gugur dan dingin. Sebagai wadah bagi para desainer pemula atau brand lokal, kali ini ada 28 desainer muda dan puluhan booth yang berpartisipasi.

Indonesia Creative Week (ICW) yang digagas oleh Felix Yonathans dan Faizula Sofyan ini merupakan wadah bagi para desainer dan juga pemilik brand lokal untuk memperkenalkan karya dan label mereka. Tahun ini acara digelar mulai 28 November sampai 1 Desember 2013 di mal Grand Indonesia Jakarta.

"Siapa pun boleh berpartisipasi di ICW karena kami tidak membuat batasan akan jenis atau tipe kreasi yang akan ditampilkan. Tidak ada syarat juga desainernya harus jebolan sekolah mode. Yang penting produknya orisinil dan bukan produk luar negeri," kata Felix di sela acara pembukaan ICW, Kamis (28/11/13).

Meski saat ini semakin banyak anak muda yang merintis profesi sebagai perancang busana, tetapi menurut Felix masih ada pekerjaan rumah besar untuk membuat masyarakat semakin mengenal karya mereka.

"Dari segi desain dan kualitas, mereka tidak kalah. Bahkan diam-diam sudah ada yang menjual produknya sampai ke luar negeri. Tetapi masih diperlukan exposure supaya produknya semakin dikenal masyarakat," katanya.

Selain itu, Felix menilai pemahaman para desainer muda akan ilmu pemasaran dan komunikasi mereka masih perlu diasah lagi. "Lewat ajang ini kami juga ingin meningkatkan kemampuan mereka sehingga bisa menuangkan konsep desain mereka menjadi sebuah brand," katanya.

Di ajang ICW para desainer juga bisa menggali ilmu dari para desainer senior dan juga pembicara dari luar negeri yang merupakan pakar strategi marketing dalam acara talkshow yang digelar setiap hari. "Para peserta bisa sharing dan memperluas networking dengan para desainer lain," katanya.

Para desainer dan pemilik label juga diberikan tempat untuk memamerkan karya-karya mereka. "Kami bekerjasama dengan BCA untuk mengundang para pemilik kartu kredit jenis gold dan memberikan penawaran khusus," katanya.

Dalam acara pembukaan, digelar tiga fashion show yang menampilkan karya Irma Dewi, Sutriandewi Badenach, dan Pierdy.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com